Prosedur Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara berupa Tanah/Bangunan pada Satuan Kerja di Wilayah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang

Sulistyaningrum, Anisa Fitri (2023) Prosedur Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara berupa Tanah/Bangunan pada Satuan Kerja di Wilayah Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Malang. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7MB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara merupakan salah satu dari 4 unit seksi yang ada di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara memiliki tugas dan fungsi untuk mengelola barang milik negara yang berada pada wilayah kewenangannya, meliputi penetapan status penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penghapusan, pemindahtanganan, bimbingan teknis, pengawasan dan pengendalian, penatausahaan dan akuntansi serta penyusunan laporan barang milik negara/ kekayaan negara. Salah satu bentuk pengawasan dan pengendalian BMN adalah Evaluasi Kinerja BMN sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 207 Tahun 2021 tentang Pengawasan dan pengendalian BMN. Evaluasi kinerja BMN dilakukan dengan tujuan untuk menilai performa/kinerja BMN, yang selanjutnya akan dibuatkan cara strategis dalam rangka efisiensi, efektivitas, dan optimalisasi pengelolaan BMN. Ruang lingup dari evaluasi kinerja barang milik negara hanya berfokus kepada barang milik negara yang memiliki signifikansi yang tinggi terhadap proporsi kekayaan negara yaitu barang milik negara berupa tanah / bangunan yang ada pada Pengguna Barang dan Pengelola Barang sebagaimana yang telah tercantum pada Keputsan Menteri Keuangan Nomor 349/KM.6/2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara. Evaluasi kinerja BMN terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu pertama pembentukan dan penugasan tim pelaksanaan evaluasi kinerja barang milik negara, yang kedua persiapan pelaksanaan evaluasi kinerja barang milik negara dengan menyiapkan beberapa dokumen pendukung sebagai pelengkap, yang ketiga pelaksanaan evaluasi kinerja barang milik negara dan yang terakhir yaitu penyusunan laporan evaluasi kinerja barang milik negara serta memberikan rekomendasi terkait pengelolaan barang milik negara yang telah dilakukan evaluasi. Dalam pengolahan data, analisis data serta pelaporan sendiri menggunakan aplikasi “Simanportofolio” yang sudah disediakan oleh kantor pusat DJKN yang nantinya akan secara otomatis menghasilkan Output yaitu laporan Evaluasi Kinerja BMN. Dalam pelaksanaan evaluasi kinerja BMN dan penginputan data kedalam aplikasi “Simanportofolio” tentunya terdapat beberapa kendala dalam pengerjaannya yang diantaranya yaitu aplikasi “Simanportofolio” yang mengalami down/error, keterbatasan data yang diperlukan dan kurangnya pembaruan data.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAhmad, ArisonaNIDN198902262019031005
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Anisa Fitri Sulistyaningrum
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:09
Last Modified: 03 Apr 2023 01:09
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item View Item