Rahmat, Saiful (2023) Pemeriksaan Dan Perawatan Berkala System Automatic Brake pada Lokomotif CC 201 – CC 203. Project Report. Politeknik Negeri Jember. (Submitted)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN .pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (178kB) |
|
Text (Bab1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (206kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (92kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
H42191797_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Magang merupakan kegiatan mahasiswa untuk belajar memperaktikan secara langsung pada perusahaan/ instansi/ industri dan unit bisnis lainnya, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman dan menjadi bekal secara dunia kerja nyata sehingga mengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Praktek Kerja Lapang ini merupakan kegiatan Akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Politeknik Negeri Jember, khususnya Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik. Kegiatan Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 9 Jember selama 4 bulan, mulai 1 September sampai dengan 31 Desember 2020. Dengan pengalaman yang didapat adalah mengetahui dan mempelajari bagaimana perawatan sistem pengereman pneumatik, khususnya perawatan dan pemeriksaan kinerja System Automatic Brake pada lokomotif CC 201-CC203. Pemeriksaan dan Perawatan System Automatic Brake pada lokomotif CC 201 dan CC 203 merupakan suatu aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas sistem pengereman agar tetap dapat berfungsi dengan baik seperti kondisi sebelumnya. Tindakan perawatan dan pemeriksaan pada kinerja automatic brake ini dilakukan secara rutin. Automatic brake berfungsi untuk menunjang pelayanan pengereman pada lokomotif pada saat beroperasi. Sistem pneumatik yang digunakan pada lokomotif adalah kompresor. Kompresor merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dan mensuplainya ke seluruh bagian sistem angin (pnuematik) atau disimpan kedalam tangki. Sistem Pengereman Pneumatik merupakan bagian komponen yang terdapat pada sistem angin (pneumatik). Sistem pengereman angin (pneumatik) berfungsi vi untuk mengatur bagian sistem pengereman, Automatic Brake yang berfungsi untuk melakukan pengereman secara otomatis pada lokomotif CC201 dan CC203. Komponen ini memiliki 5 posisi pengereman dengan situasi yang berbeda pada tuasnya dan 3 posisi katup yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan aliran udara ke Automatic Brake yang terdapat pada bagian Cut-Off Pilot Valve.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kereta Api, KAI, Pengereman Automatic | ||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Saiful Rahmat | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:29 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21676 |
Actions (login required)
View Item |