Penguatan Tata Kelola Keuangan Berbasis Android pada Rumah Kopi Banjarsengon (RKB) Jember: Strengthening Android-Based Financial Governance at Banjarsengon Coffee House Jember

Kurniawan, Bagus Putu Yudhia and Sugiartono, Endro and Ayuninghemi, Ratih and Galushasti, Andarula (2022) Penguatan Tata Kelola Keuangan Berbasis Android pada Rumah Kopi Banjarsengon (RKB) Jember: Strengthening Android-Based Financial Governance at Banjarsengon Coffee House Jember. NaCosVi: Polije Proceedings Series. pp. 232-238.

[img] Text (Hasil Turnitin)
Paper Jurnal_Prosiding (1) (1).pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Kesuksesan bisnis rumah kopi yang belakangan ini mulai menguasai pasar Indonesia, ternyata memberikan angin segar bagi para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis serupa. Daya beli konsumen yang semakin membaik dan bergesernya gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih modern. Menjadikan prospek pasar bisnis rumah kopi di Indonesia semakin hari kian bersinar terang, semakin memberikan peluang dan sebagai bisnis yang semakin menjanjikan. Kondisi ini bisa kita lihat dari menjamurnya bisnis warung kopi, rumah kopi, ataupun café-café mewah yang menjajakan aneka menu minuman kopi. Besarnya minat konsumen, dan tingginya keuntungan yang dijanjikan, turut mendorong meningkatnya jumlah pemain di bisnis minuman beraroma khas ini, sehingga mengakibatkan persaingan pasarnya berkembang cukup pesat. Mulai munculnya persaingan tersebut, membuat kondisi usaha kedai-kedai kopi di Kabupaten Jember dalam beberapa tahun ini tidak mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan beberapa unit usaha mengalami penurunan omzet penjualan dan penurunan keuntungan. Berdasarkan hal tersebut, untuk membantu meningkatkan kinerja dan omzet Rumah Kopi Banjarsengon, maka diusulkan melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat Polije. Dengan harapan, melalui program pengabdian ini maka ada perubahan tatakelola keuangan menjadi terstruktur sesuai dengan SAK, serta pembukuan keuangan yang tersistem komputerisasi.

Item Type: Article
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > Publikasi
Depositing User: Ratih Ayuninghemi
Date Deposited: 02 Apr 2023 06:15
Last Modified: 02 Apr 2023 06:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21657

Actions (login required)

View Item View Item