Optimalisasi Metode Balancing Controllable Pitch Propeller Dengan Menggunakan Timbangan Digital Gantung dan Duduk Di PT PAL Indonesia

Hariyanto, Mohammad Dendy Optimalisasi Metode Balancing Controllable Pitch Propeller Dengan Menggunakan Timbangan Digital Gantung dan Duduk Di PT PAL Indonesia. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang bagi mahasiswa bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang dapat bersaing di dunia kerja. Politeknik Negeri Jember khususnya Jurusan Teknik Prodi Mesin Otomotif memiliki program magang untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di dunia kerja. Kegiatan magang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa selama 6 bulan, mulai 1 Juli sampai dengan 31 Desember 2022. Dengan salah satu pengalaman yang didapat adalah mengetahui dan mempelajari bagaimana cara perbaikan dan pemeliharaan Propeller kapal laut. Perbaikan dan pemeliharaan propeller kapal dilakukan sesuai dengan klasifikasi masing-masing kapal. Setelah propeller selesai melewati tahap perbaikan dan pemeliharaan, propeller tersebut harus melewati tahap pengujian untuk memastikan dalam kondisi layak untuk berlayar. Pengujian dilakukan dalam ruangan yang telah disediakan khusus untuk pengujian balancing Controllable Pitch Propeller, dimana Controllable Pitch Propeller akan direkondisi untuk mengembalikan ke kondisi yang lebih baik atau mendekati baru. Salah satu proses yang dilakukan sebelum pengujian balancing Controllable Pitch Propeller adalah tahap rekondisi Controllable Pitch Propeller dengan alat las dan gerinda yang biasa digunakan untuk memperbaiki Controllable Pitch Propeller. Pada proses rekondisi ada beberapa tahapan yaitu proses pengelasan, proses gerinda, balancing, dan spotcheck. Proses Perbaikan dan pemeliharaan propeller kapal berlangsung selama 14 hari kerja, dimulai dengan Pada proses menggerinda Controllable Pitch Propeller ada 2 tahapan yaitu menggerinda sebelum dilakukan pengelasan dan menggerinda setelah dilakukan pengelasan. Pada saat menggerinda sebelum pengelasan, permukaan blade propeller yang akan direkondisi diratakan dan dihaluskan dengan gerinda. Kemudian dilakukan pengelasan pada blade propeller yang direkondisi. Setelah dilakukan pengelasan dilakukan tahapan penghalusan permukaan blade propeller menggunakan gerinda. Selanjutnya, proses balancing pada Controllable Pitch Propeller dilakukan penimbangan pada masing-masing daun propeller tersebut. Setiap propeller direkondisi dan dikembalikan berat propeller kapal mendekati aslinya. Terakhir dilakukan Uji spotcheck pada hasil las untuk memastikan benda sudah tersambung dan mengetahui mengetahui ada kebocoran atau tidak. Pada proses balancing Controllable Pitch Propeller perlu dilakukan optimalisasi pada alat timbangan yang masih menggunakan timbangan digital gantung menjadi timbangan digital duduk agar pengerjaan selesai dengan waktu lebih cepat dan beban yang ditimbang posisinya tidak berubah-ubah sehingga timbangan digital duduk lebih teliti.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 480 - Ilmu Perkapalan > 481 - Teknik Perkapalan
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: MOHAMMAD DENDY HARIYANTO
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:03
Last Modified: 30 Mar 2023 07:04
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item View Item