Pengaruh Premix Dalam Pakan Terhadap Produktivitas Ayam Petelur Strain Hy-Line dan Isa Brown (Studi Kasus di PT. Jatinom Indah Farm Blitar

Hidayat, Taufiq Rizki Nur (2019) Pengaruh Premix Dalam Pakan Terhadap Produktivitas Ayam Petelur Strain Hy-Line dan Isa Brown (Studi Kasus di PT. Jatinom Indah Farm Blitar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
7. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
12. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Full TA)
C31162007_FULL TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Ayam petelur merupakan ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Pemeliharaan ayam petelur pada umumnya dibagi tiga fase pemeliharaan berdasarkan umur, yaitu fase permulaan starter, kedua grower dan ketiga layer. Fase starter berawal dari umur 0-6 minggu, fase kedua berawal dari umur 6-18 minggu dan fase layer umur 18-afkir. Produksi telur dapat berjalan dengan baik karena beberapa faktor yang membuat performa ayam menjadi baik, salah satunya adalah dalam pemberian pakan. Pakan mempunyai peran penting terhadap produktivitas telur. Namun peternak di Indonesia masih banyak yang menggunakan pakan jadi, hal ini dapat menyebabkan pengeluaran yang terus bertambah serta mempengaruhi keuntungan peternak. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh peternak dengan cara menekan biaya pakan yang cukup tinggi adalah memperbaiki mutu pakan dengan menambahkan premix yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pakan sehingga nutrisi pakan dapat terserap secara maksimal dan produktivitas telur meningkat.. Berdasalkan hasil studi kasus yang telah dilaksanakan di PT. Jatinom Indah Farm dapat disimpulkan bahwa penambahan premix 0,49% pada ransum terhadap konsumsi pakan, feed egg ratio (FER), pertumbuhan bobot badan, dan keseragaman telah mencapai target management guide. Hal ini dapat diartikan bahwa pemberian premix dapat memacu hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLoro, Sulul NusjilNIDN197506252001121002
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:14
Last Modified: 30 Mar 2023 01:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item