Prosedur Verifikasi Berkas Fisik Surat Perintah Membayar Jenis Penggantian Uang Persediaan (SPM-GUP) dari Satuan Kerja pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I

Marselia, Irene Thia (2023) Prosedur Verifikasi Berkas Fisik Surat Perintah Membayar Jenis Penggantian Uang Persediaan (SPM-GUP) dari Satuan Kerja pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I. [Experiment] (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Ringkasan)
D42192236 IRENE THIA MARSELIA - RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
D42192236 IRENE THIA MARSELIA - BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (146kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
D42192236 IRENE THIA MARSELIA - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D42192236 IRENE THIA MARSELIA - FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Seksi Pencairan dana merupakan salah satu dari 5 unit seksi yang ada di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surabaya I. Seksi Pencairan Dana memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengujian resume tagihan dan Surat Perintah Membayar (SPM), Pengujian Surat Perintah Pengesahan Pendapatan dan Belanja Badan Layanan Umum (BLU), penerbitan Surat Tanggapan Koreksi, melakukan pengelolaan data kontrak, data pemasok (supplier), dan belanja pegawai satuan kerja, melakukan pengesahan hibah langsung dalam bentuk uang, serta melakukan monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satuan kerja. Proses penyampaian berkas SPM merupakan prosedur awal dalam melakukan pengujian resume tagihan dan SPM. Salah satu jenis SPM yaitu SPM Penggantian Uang Persediaan (SPM-GUP). SPM GUP merupakan dokumen yang diterbitkan oleh Pejabat Penandatangan SPM dengan membebani Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk menggantikan uang persediaan yang telah dipakai. SPM GUP dapat diberikan apabila dana yang dipakai telah mencapai minimal 50% dari dana yang diterima (revolving). Satuan Kerja tetap mengirimkan hardcopy SPM kepada KPPN Surabaya I sebagai sarana monitoring penyampaian hardcopy SPM. Hal tersebut Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE-31/PB/2020. Berkas fisik yang disampaikan selanjutnya diverifikasi oleh petugas verifikator. Prosedur verifikasi berkas fisik SPM dilaksanakan mulai saat penerimaan berkas dari Satuan Kerja hingga pengarsian dan/atau pengiriman surat atau nota dinas perihal hasil monitoring penyampaian hardcopy SPM (bertanda tangan) untuk satuan kerja yang bersangkutan. Kegiatan yang dilakukan saat verifikasi berkas fisik yaitu peninjauan berkas fisik SPM dengan form daftar SP2D yang diunduh melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara serta softcopy SPM dari aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArdhiarisca, OryzaNIDN0030109002
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 560 - Ilmu Ekonomi > 562 - Akuntansi
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Irene Thia Marselia
Date Deposited: 31 Mar 2023 05:39
Last Modified: 31 Mar 2023 05:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21552

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item