Pengaruh Aplikasi Vermikompos Dan Pupuk Urea Pada Media Tanam Latosol Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L)

Mawasti, Windi Yhuwilga (2019) Pengaruh Aplikasi Vermikompos Dan Pupuk Urea Pada Media Tanam Latosol Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L). Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. A32160256 ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (88kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. A32160256 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara produsen kakao dan komoditi ini memberikan kontribusi dalam peningkatan devisa negara. Tanaman kakao dapat diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Untuk perbanyakan secara generatif digunakan bahan berupa biji atau benih. Sedangkan secara vegetatif bisa berupa akar, batang, cabang dan daun. Langkah awal yang menentukan keberhasilan berusaha tani adalah pekerjaan pembibitan yang harus dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu upaya dalam menghasilkan bibit yang unggul yaitu dengan cara dilakukan pemupukan. Vermikompos, salah satu kompos yang prosesnya memanfaatkan makrooganisme sebagai pengurai. Makroorganisme yang digunakan adalah cacing tanah dari jenis Lumbricus atau jenis lainya. Pupuk urea merupakan pupuk anorganik yang memiliki sifat sifat higroskopis dan memiliki kandungan nitrogen sebesar 46% dengan artian dalam 100kg pupuk terdapat 46kg nitrogen. Kegiatan ini menggunakan susunan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAK) Faktorial dengan uji lanjut BNJ. Dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan, K1 = 1:1 (latosol:pasir), K2 = 1:1:1 (latosol:pasir:vermikompos), P1 = pupuk urea 1grm/tanaman, P2 = pupuk urea 2grm/tanaman, P3 = pupuk urea 3grm/tanaman. Dari kegiatan yang dilakukan dapat diambil kesimpulan pengaruh kombinasi perlakuan aplikasi pupuk vermikompos dan pupuk urea terhadap pertumbuhan bibit kakao (Theobroma cacao L.) sangat nyata pada pertambahan diameter batang dan berat basah akar, tidak nyata pada pertambahan tinggi, jumlah daun, berat basah tajuk, berat kering akar dan tajuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPhoa, VictorUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDUNSPECIFIEDNIDN198510312018031001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D3 Produksi Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:29
Last Modified: 29 Mar 2023 01:30
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item