FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM RANAP JKN DENGAN FISHBONE DIAGRAM DI RSUP DR KARIADI

Sahir, Listiyawati and Wijayanti, Rossalina Adi (2022) FAKTOR PENYEBAB PENDING CLAIM RANAP JKN DENGAN FISHBONE DIAGRAM DI RSUP DR KARIADI. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 10 (2). p. 190. ISSN 2337-585X

[img] Text (Hasil Turnitin)
31. Faktor Penyebab Pending Claim Ranap JKN dengan Fishbone Diagram di RSUP dr Kariadi.pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bukti Korespondensi)
31. Faktor Penyebab Pending Claim Ranap JKN dengan Fishbone Diagram di RSUP dr Kariadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Faktor penyebab pending claim ranap JKN dengan fishbone diagram di RSUP dr Kariadi.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
Official URL: https://jmiki.aptirmik.or.id/jmiki/article/view/18...

Abstract

Pembiayaan kesehatan di rumah sakit diperoleh dari pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan melakukan purifikasi dan verifikasi berkas klaim. Berkas klaim yang dinyatakan tidak lengkap oleh BPJS Kesehatan, menyebabkan pending claim yang berdampak keterlambatan pembayaran klaim. Berdasarkan studi pendahuluan di RSUP Dr Kariadi ditemukan permasalahan penyelenggaraan klaim JKN yakni pending claim 3,67%. Penelitian dilakukan bertujuan menganalisis faktor penyebab pending claim rawat inap JKN di RSUP Dr Kariadi dengan fishbone diagram. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, brainstorming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab pending claim, meliputi : faktor man terkait ketidaktelitian petugas menyebabkan ketidakakuratan koding 1,26%, kesalahan input data klaim 0,01%, ketidaklengkapan informasi pendukung diagnosis dan tindakan pada resume medis 0,31%. Faktor material menyebabkan berkas tidak lengkap 0,10%. Faktor machine berasal dari gangguan sistem aplikasi Jasa Raharja 0,21%, serta faktor method karena perbedaan persepsi antara koder dan verifikator BPJS Kesehatan terhadap kaidah koding dan regulasi klaim 0,83%. Akar penyebab masalah adalah kurangnya waktu penyelesaian klaim, gangguan sistem Jasa Raharja, kurangnya filter dalam memenuhi kelengkapan syarat berkas klaim. Upaya perbaikan yaitu koordinasi antar instansi terkait penyelesaian perbedaan persepsi coder RS dan verifikator BPJS Kesehatan serta gangguan sistem Jasa Raharja, percepatan RME pada seluruh berkas klaim yang dipersyaratkan untuk mencegah pengembalian berkas klaim tidak lengkap.

Item Type: Article
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan)
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Publikasi
Depositing User: Rossalina Adi W
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:39
Last Modified: 14 Jun 2023 13:22
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item View Item