Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Ringkasan Masuk dan Keluar (RM 1) Rawat Inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Giandi, Moch Afel (2022) Analisis Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Ringkasan Masuk dan Keluar (RM 1) Rawat Inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
PKL_Moch Afel Giandi_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
PKL_Moch Afel Giandi_Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PKL_Moch Afel Giandi_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Ipkl-1-228.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Formulir ringkasan masuk dan keluar merupakan salah satu formulir yang bernilai guna dan tidak dimusnakan. Formulir ringkasan masuk dan keluar memuat informasi tentang identitas pasien, laporan penting, dan autentifikasi, sehingga formulir ringkasan masuk dan keluar wajib terisi lengkap. peneliti melakukan studi pendahuluan secara observasi dan wawancara kepada petugas rekam medis yang berada di unit coding. Hasil dari observasi formulir ringkasan masuk dan keluar yang dilaksanakan di unit coding RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, didapatkan kelengkapan mencapai 87%, sedangkan ketidaklengkapan mencapai 13%. Tujuan dari penelitian ini menganalisis faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian formulir ringkasan masuk keluar menggunakan metode analisis kualitatif dan mengidentifikasi faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian formulir ringkasan masuk dan keluar di RSUP Dr. Sardjito menggunakan metode 5M (Man, Many, Method, Materials, Machine). Hasil analisis faktor-faktor yang menyebabkan ketidaklengkapan pengisian ringkasan masuk dan keluar di RSUP Dr. Sardjito yaitu, faktor Man yang menyembabkan ketidaklengkapan ringkasan masuk dan keluar yaitu kesibukan DPJP sehingga lupa dalam pengisian ringkasan masuk dan keluar, serta kurangnya pengetahuan petugas bangsal dalam pengisian ringkasan masuk dan keluar, faktor money tidak terdapat masalah dikarenakan telah terdapat anggaran dana serta penyediaan kebutuhan dalam pengisian ringkasan masuk dan keluar. faktor method yang menyebabkan ketidaklengkapan ringkasan masuk dan keluar yaitu SOP mengenai kelengkapan berkas rekam medis rawat inap yang ada tidak dijalankan baik oleh petugas, faktor material tidak terdapat masalah dikarenakan tahan lama untuk pengisian yang lama, dan metode untuk pengisian data di formulir baik itu tulis tangan dan mesin sudah sesuai, faktor machine yang menyebabkan ketidaklengkapan ringkasan masuk dan keluar yaitu ketidaksesuaian dokter ketika mengisi ringkasan masuk dan keluar dengan yang ada di SIMRS. Saran yang diberikan peneliti terkait analisis faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian ringkasan masuk dan keluar rawat inap di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta yaitu pihak rumah sakit melakukan evaluasi, sosialisasi, serta menegaskan kepada petugas dan tenaga kesehatan perekam medis agar selalu mengingatkan dokter, perawat, maupun petugas ruangan untuk memenuhi dan melaksanakan SOP, sehingga tidak terjadi ketidaklengkapan berkas rekam medis dan keterlambatan pengembalian berkas rekam medis. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif dan kuisioner agar diperoleh data yang lebih akurat dan hasil yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratama, Mudafiq RiyanNIDN0709058903
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 370 - Ilmu Keperawatan dan Kebidanan > 373 - Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Moch Afel Giandi
Date Deposited: 27 Mar 2023 00:55
Last Modified: 29 Mar 2023 01:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/21069

Actions (login required)

View Item View Item