Mekanisme Pengembalian Uang Jaminan Lelang Oleh Bendahara Penerimaan Melalui Virtual Account Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (Kpknl) Jember

Rozaniah, Ulfa (2023) Mekanisme Pengembalian Uang Jaminan Lelang Oleh Bendahara Penerimaan Melalui Virtual Account Pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang (Kpknl) Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (322kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D42191333_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sebagai instansi vertikal yang bernaung dan bertanggung jawab di bawah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memiliki tugas dalam melaksanakan pelayanan kepada stakeholders di bidang kekayaan negara, penilaian, pengurusan piutang dan pelaksanaan lelang seperti yang diatur pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 154/PMK.01/2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. DJKN mencanangkan agar seluruh KPKNL melaksanakan lelang secara elektronik atau dikenal dengan istilah eauction. Pelaksanaan lelang secara elektronik sebagai bagiannya adalah penggunaan Virtual Account (VA) untuk penyetoran uang jaminan lelang. Uang jaminan lelang disetor oleh calon peserta lelang sebagai syarat wajib untuk dapat mengikuti lelang. Namun apabila peserta lelang kalah dalam pelaksanaan lelang maka uang jaminan lelang tersebut akan dikembalikan oleh Bendahara Penerimaan. Uang jaminan lelang yang tidak dikembalikan kepada peserta yang tidak menang lelang akan mengendap direkening dan secara langsung merugikan peserta yang tidak menang lelang serta instansi akan mendapat citra buruk dari masyarakat. Pengembalian uang jaminan lelang melalui Virtual Account (VA) dapat dilaksanakan secara cepat dengan tingkat keamanan dan akurasi yang tinggi. Sebelum era penggunaan VA, kecepatan, keamanan dan akurasi pengembalian menjadi isu utama yang tidak jarang membuat persepsi pelayanan yang buruk dari pemangku kepentingan. Prosedur kerja pengembalian uang jaminan lelang melalui VA yaitu dengan langkah awal Bendahara Penerimaan mendownload database peserta yang tidak menang lelang, kemudian Bendahara Penerimaan dan Kepala Seksi Hukum dan Informasi selaku atasan langsung melakukan verifikasi database peserta tidak menang lelang. Bendahara Penerimaan melakukan unggah data rekapan peserta tidak menang lelang, yang kemudian akan dilakukan approve dan release oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Pengembalian uang jaminan lelang menghasilkan output berupa bukti transfer yang diterima Peserta Lelang yang tidak ditunjuk sebagai Pemenang Lelang.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPratiwi, Berlina YudhaNIDN19920820201708001
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Pengembalian Uang Jaminan Lelang
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: ULFA ROZANIAH
Date Deposited: 27 Mar 2023 00:49
Last Modified: 27 Mar 2023 00:49
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item