Hama dan penyakit pada tanaman produksi jagung manis(zea mays saccharata l.) Di pt. East west seed Indonesia wilayah sukowono kab. Jember

Firmansyah, Feri (2019) Hama dan penyakit pada tanaman produksi jagung manis(zea mays saccharata l.) Di pt. East west seed Indonesia wilayah sukowono kab. Jember. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
04. A41160445 RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
09. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (337kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (405kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A41160445_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hama dan Penyakit Pada Tanaman Produksi Jagung Manis (Zea mays Saccharata L.) di PT. East West Seed Indonesia Wilayah Sukowono Kab. Jember, Feri Firmansyah, NIM. A41160445, Tahun 2019, 100 hlm, Program Studi Teknik Produksi Benih, Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, Dr. Ir. Suharjono, MP. Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di perkuliahan dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja yang bekerjsama dengan perusahaan untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. PT. East West Seed Indonesia (EWSI) dipilih sebagai tempat PKL karena merupakan salah satu perusahaan unggul yang berperan penting dalam penyediaan benih unggul di Indonesia baik tanaman hortikultura maupun tanaman pangan (jagung manis). Meskipun masih tergolong baru dalam memproduksi benih jagung manis di Indonesia, namun kualitas yang dimiliki PT EWSI tidak kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang pangan khususnya tanaman jagung, terbukti cukup banyak para petani yang menyukai produk-produk hasil karya PT. EWSI di seluruh Indonesia. Praktek Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan selama 5,5 bulan hari kerja mulai tanggal 08 Juli 2019 sampai dengan 20 Desember 2019 Lokasi Praktek Kerja Lapang (PKL) direncanakan di perusahaan benih PT. East West Seed Indonesia (Jember) Jl. Basuki Rachmat Gg SMP 8, No. 19, Muktisari, Tegal Besar, kabupaten Jember (68132) Jawa Timur dan di lahan Petani Kunci, Jl. Cumedak no 08 Sukosari kecamatan Sukowono Kab. Jember. Kegitan PKL yang dilakukan yaitu produksi benih jagung manis kode Cs 23 mulai hulu hingga hilir yang meliputi Pemilihan lahan, kejelasan mengenai sejarah lahan, isolasi, pengolahan lahan, sanitasi lahan, pengukuran pH tanah, seed treathment, penerapan split planting, penerapan row ratio, penanaman induk jantan, penanaman induk betina, Pemeliharaan, penyiangan, pemupukan, pembumbunan, pengairan, detaselling, male cutting, roguing, pengendalian OPT, panen, pasca panen, penerimaan benih di plant, pengeringan, pemipilan, pengujian kadar air, pengujian kemurnian benih dan pengujian daya kecambah. Serta penanganan mengenai hama dan penyakit dalam memproduksi benih jagung manis di lapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSuharjono, MP, SuharjonoNIP195811051988111001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 155 - Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Benih > PKL
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 20 Mar 2023 05:26
Last Modified: 20 Mar 2023 05:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20920

Actions (login required)

View Item View Item