Pendidikan dan Pelatihan Penggunaan Gadget Secara Sehat pada Siswa-Siswi SMPIT Al Ghozali Jember

Nugroho Setyo Wibowo, Setyo Wibowo and Feby, Erawantini and Zora, Olivia (2019) Pendidikan dan Pelatihan Penggunaan Gadget Secara Sehat pada Siswa-Siswi SMPIT Al Ghozali Jember. In: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019.

[img] Text
24-1718-Article Text-5838-1-10-20191211.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Pendidikan Dan Pelatihan Penggunaan Gadget Secara Sehat Pada Siswa-Siswi Smpit Al Ghozali Jember.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
Official URL: https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding...

Abstract

Gadget sudah menjadi sumber belajar bagi para pelajar. Hampir keseluruhan mengenai pelajaran semua sudah tersedia di dalam Gadget. SMPIT Al Ghozali Jember telah menerapkan teknologi informasi dalam pelaksanaan belajar mengajar. Siswa-siswi telah menggunakan sistem pembelajaran secara elektronik sejak tahun 2018 yaitu dengan e-learning. Siswa-siswi SMPIT dapat mengakses materi, mengumpulkan tugas serta diskusi online dengan gadget masing-masing. Namun di sisi lain teknologi juga memberikan dampak negatif, yaitu dampak fisik, dampak sosial dan dampak akademis Selusi untuk mengatasi masalah mitra yaitu denga solisi fisik meliputi menerapkan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja saat menggunakan gadget seperti menjaga jarak pandang, Sering berkedip, istirahatkan mata, atur tanpilan layer, Jaga kebersihan layar, menggunakan Screen Protector pada layar ponsel. Cara mengatasi dampak sosial yaitu memberikan pemahaman pada peserta didik akan nilai manfaat yang bisa diambil dari penggunaan gadget dan perlu dijelaskan pula kerugian-kerugian penggunaan gadget yang tidak tepat. Penjelasan kepada peserta didik berlandaskan nilai-nilai Islam. Permeningkatkan peran guru Bimbingan dan Konseling juga sangat penting. Dampak akademis dapat diselesaikan dengan menggunakan gadget di sekolah semaksimal mungkin untuk mendukung kegiatan akademis. Kegiatan dilaksanakan selama 7 bulan mulai Juni sampai dengan Desember 2019. Kegiatan yang dilakukan yaitu Indentifikasi Permasalahan Penggunaan Gadget di SMPIT Al Ghozali Jember, Memahami Karakteristik SMPIT Al Ghozali Jember dengan landasan Agama Islam, Identifikasi Sarana dan Prasarana TIK di SMPIT Al Ghozali Jember, Memberikan Pendampingan dalam membuat aturan penggunaan Gadget di Sekolah, Mengatur pembatasan konten, Memberikan pemahaman pada Peserta Didik tentang nilai manfaat dan Kerugian Penggunaan Gadget, Pelatihan Penggunaan Gadget dengan Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Arsip Penting Dosen > Bahan P1
Depositing User: Nugroho Setyo Wibowo
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:30
Last Modified: 16 Jun 2023 15:02
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item