Pranata, Dadang Wahyu Perawatan Bulanan Sistem Pengereman Pada Bagian Kerangka Bawah Lokomotif Cc 201 Di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (24kB) |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (283kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (23kB) |
|
Text (Laporan Magang)
LAPORAN MAGANG LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kegiatan Magang adalah kegiatan mahasiswa untuk belajar secara langsung di perusahaan atau industri lainya, yang diharapkan dapat menjadi tempat pengembangan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Kegiatan Magang ini dilaksanakan di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop IX Jember selama 4 bulan, mulai dari awal bulan September sampai dengan akhir bulan Desember 2023. Tujuan khusus dari kegiatan magang ini adalah untuk mempelajari dan mempraktikkan bagaimana cara pemeliharaan yang dilakukan pada devisi mekanik yaitu pemeliharaan pada komponen sistem pengereman bagian kerangka bawah lokomotif. Pada Depo Lokomotif Daop 9 Jember, terdapat program perawatan bulanan pada lokomotif yang dijadwalkan secara rutin. Sebelum melaksanakan kegiatan pemeriksaan bulanan pada lokomotif, seluruh petugas Depo Lokomotif diwajibkan melaksanakan apel pagi. Kemudian seluruh karyawan Depo Lokomotif Daop IX Jember melakukan breafing evaluasi kegiatan untuk membahas mengenai kegiatan yang telah dan akan dilakukan. Jam kerja di Depo Lokomotif Jember yaitu hari senin-kamis jam 08.00-16.00 WIB dan jumat-sabtu jam 08.00-15.00 WIB. Bagian pemeliharan lokomotif di Depo Lokomotif Jember terdapat 4 devisi, yaitu devisi angin, elektrik, diesel dan mekanik. Pada sistem pengereman kerangka bawah terdapat beberapa komponen yang perlu dilakukan pemeliharaan yaitu, stang gantung, stang rem, silinder brake, sepatu rem, rem blok, dan slek adjuster. Pada sistem pengereman kerangka bawah masalah yang sering terjadi yaitu rem blok aus secara tidak rata, stang rem bergesekan dengan roda, slek adjuster macet. Sistem pengereman kerangka bawah ini sangat penting dilakukan pemeliharaan untuk menjaga agar tidak ada kendala saat lokomotif beroperasi.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 432 - Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing) 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 435 - Teknik Industri 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 445 - Teknik Material (Ilmu Bahan) |
||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Dadang Wahyu Pranata | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2023 00:43 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2023 00:45 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20648 |
Actions (login required)
View Item |