Perencanaan Susunan dan Jenis Material Fill pack Cooling Water Pada Fasilitas Test bench Bengkel Permesinan PT PAL Indonesia

waskito, urwadi Perencanaan Susunan dan Jenis Material Fill pack Cooling Water Pada Fasilitas Test bench Bengkel Permesinan PT PAL Indonesia. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang bagi mahasiswa merupakan suatu kegiatan yang wajib ditempuh sebagai salah satu syarat kelulusan pada sebuah perguruan tinggi. Kegiatan magang bertujuan untuk menambah pengetahuan kepada mahasiswa tentang dunia industri serta dapat mengembangkan keahlian dan keterampilannya. Kegiatan Magang dilaksanakan di PT PAL Indonesia tepatnya di divisi Pemeliharaan dan Perbaikan selama 4 bulan yang dilaksanakan pada awal bulan November sampai pada akhir bulan Januari. Fasilitas uji performa mesin (Test Bench) merupakan jenis alat uji pembebanan mesin penggerak pokok kapal yang telah dilakukan overhaul. Tujuan dilakukan Test Bench adalah untuk mengetahui kemampuan engine kapal setelah dilakukan overhaul. Data hasil dari uji pembebanan kinerja dari engine kapal diantaranya yaitu getaran, kebisingan, temperature oil (pelumas), tekanan oil (pelumas), tekanan bahan bakar, tekanan udara, tekanan air pendinginan, putaran, temperature exhaust dan temperature inlet. Dengan alat uji yang memiliki tujan dan prinsip kerja yang kompleks, maka dibutuhkan juga sistem pendinginan yang menjadi satu kesatuan dengan alat uji tersebut dengan media air tawar. Sistem pendingingan air tawar atau disebut juga cooling tower adalah satu jenis dari berbagai macam sistem pendinginan yang sudah umum digunakan. Definisi dari cooling tower merupakan sebuah perangkat yang dapat mendinginkan air dengan jumlah yang besar. Cooling tower yang terdapat pada mesin test bench bengkel permesinan PT. PAL Indonesia menggunakan tipe Induced Draught Crossflow. Prinsip perpindahan panas memanfaatkan interaksi air dan udara melalui droplet agar pendinginan menjadi lebih efektif, untuk kemudian droplet tersebut dikumpulkan kedalam water basin, lalu dipompa kembali menuju sistem.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 445 - Teknik Material (Ilmu Bahan)
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Purwadi Waskito
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:48
Last Modified: 15 Mar 2023 01:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20635

Actions (login required)

View Item View Item