Analisa Pengaruh Arah Posisi Pemasangan Panel Surya Terhadap Daya Output Dan Performance Ratio Pada PLTS Rooftop 234 KWP POH 1 PT POMI

Wardhani, Elsa Yulia (2023) Analisa Pengaruh Arah Posisi Pemasangan Panel Surya Terhadap Daya Output Dan Performance Ratio Pada PLTS Rooftop 234 KWP POH 1 PT POMI. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (332kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (393kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H41192097_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20572

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang dibutuhkan masyarakat untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Masyarakat maupun perusahaan atau industri juga membutuhkan energi listrik dengan jumlah yang sangat besar. PT POMI menggunakan batu bara sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik. PT POMI membangun PLTS dalam rangka mendukung pemerintah dalam pengembangan energi terbarukan. Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi dari cahaya matahari untuk menghasilkan listrik. Pemanfaatan listrik tenaga surya harus mempertimbangkan banyak aspek agar efisiensi tertinggi panel surya tercapai. Salah satu cara aspek penting yaitu arah posisi pemasangan panel surya. Hal ini sangat berpengaruh dalam penerimaan iradiasi matahari pada permukaan panel surya. PLTS Rooftop di Gedung Recreation Hall POH 1 PT POMI posisi pemasangan panel surya menghadap ke arah timur lebih dominan daripada posisi panel surya menghadap barat. Output daya terbesar pada arah posisi panel surya menghadap timur pada tanggal 25 Agustus 2022 yaitu 51809.5 Watt atau 51.8 kW Sedangkan pada arah posisi panel surya menghadap ke arah barat sebesar 45.3 kW terjadi pada tanggal 30 Agustus 2022. Performance ratio pada PLTS rooftop gedung recreation hall POH 1 PT POMI tertinggi yang dapat dicapai oleh modul surya dalam 10 hari yaitu 58.11% , sedangkan untuk performance ratio rata-rata harian selama 10 hari sebesar 50.11%. Dikarenakan perfomance ratio dibawah 60% maka sistem dikatakan kurang layak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRudiyanto, BayuNIDN0021127307
Uncontrolled Keywords: Arah hadap panel surya, Efisiensi, Kinerja, Performance Ratio, PLTS On-Grid, PT POMI
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Elsa Yulia Wardhani
Date Deposited: 09 May 2023 00:30
Last Modified: 09 May 2023 00:31
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20572

Actions (login required)

View Item View Item