Nadhillian, Andyka Aghsal REPARASI CENTER GARDAN DI WORKSHOP PT INTIDAYA DINAMIKA SEJATI. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)
Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (124kB) |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (288kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (120kB) |
|
Text (Laporan Magang)
LAPORAN MAGANG LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Reparasi Center Gardan Di Workshop PT Intidaya Dinamika Sejati. Andyka Aghsal Nadhillian, NIM H42191967, Tahun 2023, Jurusan Teknik Program Studi D-IV Mesin Otormotif, Politeknik Negeri Jember, Azamataufiq Budiprasojo, S.T., M.T. (Pembimbing PKL) Pengelasan (welding) adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu. Lingkup penggunaan teknik pengelasan dalam kontruksi sangat luas, meliputi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran dan sebagainya. Kerusakan housing end (spindel) merupakan kerusakan yang terjadi pada komponen power train kendaraan yaitu gardan. Komponen ini berfungsi sebagai rumah untuk As roda. Kerusakan yang sering terjadi yaitu bengkok dan patah. Cara perbaikan housing end (spindel) yaitu dengan metode pengelasan. Housing end (spindel) yang mengalami kerusakan diperbaiki dengan cara center ulang. Dengan 2 proses center metode bubut dan metode las menggunakan elektroda RB-26. Hasil perbaikan center gardan Mayoritas pemilik truk lebih memilih memperbaiki kerusakan padan housing end (spindel) gardan dikarenakan biaya perbaikan jauh lebih murah dari pada membeli gardan baru. Kerusakan housing end (spindel) gardan disebabkan banyak faktor yaitu faktor lingkungan yang ekstrem, material yang tidak original, pengemudi yang kurang melakukan maintenance, pemasangan part yang tidak sesuai, adanya cacat pada sambungan las, dan overload. Kekuatan sambungan las pada perbaikan center gardan menggunakan tipe sambungan las PJL (Penetrasi Joint Lengkap), kekuatan lasan yaitu sebesar ØRn = 1.001 KN dan Rn/ Ω = 667 KN. Pengelasan dinyatakan aman karena untuk satu sisi bagian roda mendapat beban 74,186 KN saat kondisi overload.
Item Type: | Monograph (Project Report) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL | ||||||
Depositing User: | Andyka Aghsal Nadhillian | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 01:08 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 01:11 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20552 |
Actions (login required)
View Item |