Optimalisasi Pengerjaan Service Intercooler Menggunakan Power Tools (Portable Impact Wrench Electric) DI PT PAL Indonesia

Atmara, Mohammad Wahyu Optimalisasi Pengerjaan Service Intercooler Menggunakan Power Tools (Portable Impact Wrench Electric) DI PT PAL Indonesia. Project Report. POLITEKNIK NEGERI JEMBER. (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan magang bagi mahasiswa bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang dapat bersaing di dunia kerja. Politeknik Negeri Jember khususnya Jurusan Teknik Prodi Mesin Otomotif memiliki program magang untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di dunia kerja. Kegiatan magang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa selama 6 bulan, mulai 1 Juli sampai dengan 31 Desember 2022. Dengan salah satu pengalaman yang didapat adalah mengetahui dan mempelajari bagaimana cara pengujian/service intercooler pada main engine kapal laut. Di dalam suatu kapal memiliki banyak sistem, salah satunya yaitu sistem pendingin udara intercooler, intercooler mendinginkan udara menggunakan air laut, kemudian udara tersebut digunakan untuk pembakaran pada mesin induk, udara dihisap oleh turbocharger. Pipa saluran pendingin intercooler tahan terhadap korosi dan kikisan air laut yang dapat merusak, karena pipa-pipa ini terbuat dari campuran bahan tembaga atau terbuat dari campuran kuningan yang tahan terhadap korosi/karat akibat air laut yang melewatinya. Pengecekan atau service intercooler ini dilakukan untuk menjaga agar intercooler dapat berfungsi normal, dilakukan test pressure untuk memastikan tidak ada kebocoran pada tube intercooler saat menerima tekanan sirkulasi aliran air laut untuk mendinginkan udara pada kapal Logistik Nusantara 2. Proses service intercooler berlangsung selama 4 hari kerja, dimulai dengan pelepasan intercooler dari main engine dan dibawa ke bengkel mesin RH 05, pembersihan menggunakan cairan chemical, pembuatan case test pressure, pemasangan saluran pipa pressure, pemasangan packing karet lubang tube, pengecekan case dari debu, pemasangan packing case, pemasangan baut, dan yang terkahir adalah uji kebocoran. Pada proses service intercooler perlu dilakukan optimalisasi pada peralatan – peralatannya yang masih menggunakan hand tools menjadi power tools (Impact Wrench) agar pengerjaan selesai lebih cepat, dan bisa mengurangi pengeluaran perusahaan untuk pembayaran jam lembur karyawan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTyagita, Dicky AdiNIDN0022068905
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 480 - Ilmu Perkapalan > 482 - Teknik Permesinan Kapal
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > PKL
Depositing User: Atmara Mohammad Wahyu
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:32
Last Modified: 15 Mar 2023 01:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20525

Actions (login required)

View Item View Item