Pengaruh Produksi Puncak PLTS On-Grid Kapasitas 118,8 Kwp pada Drop Voltage Sistem Kelistrikan Proyek PT. ATW Solar, Achmad Noval Kurniawan Raroeng

Raroeng, Achmad Noval Kurniawan (2023) Pengaruh Produksi Puncak PLTS On-Grid Kapasitas 118,8 Kwp pada Drop Voltage Sistem Kelistrikan Proyek PT. ATW Solar, Achmad Noval Kurniawan Raroeng. Project Report. Politeknik Negeri Jember, Jember, Jawa Timur. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Achmad Noval_ Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Achmad Noval_ Bab 1 Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (52kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Achmad Noval_ Laporan PKL Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Achmad Noval_ Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (153kB)

Abstract

Magang merupakan bentuk dari pembelajaran dengan melaksanakan praktik kerja langsung di lapangan. Kegiatan ini dilakukan di PT. ATW Solar dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung proses Engineering, Procurement, & Contractor (EPC) PLTS. Hasil dari magang ini dapat memberikan informasi tentang perencanaan, perancangan dan konstruksi pemasangan panel surya, dalam skala industri maupun residential. Metode yang digunakan dalam kegiatan magang ini adalah terjun langsung ke lapangan, pengumpulan data, dan studi literatur. Program magang dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia industri dengan segala perangkatnya, agar mahasiswa tidak buta dengan dunia industri, serta memiliki keberanian untuk terjun dan berkarir di dunia industri setelah lulus nanti. Hasil analisis jatuh tegangan pada salah satu proyek PT. ATW Solar adalah tegangan yang terbaca pada nilai tegangan pada Inverter 1, Panel AC Combiner, Bus MDP PLTS, dan trafo 2500 kVA berturut-turut sebesar 397,4 volt, 395,5 volt, 393,6 volt, dan 395,3 volt. Nilai jatuh tegangan pada bus MDP PLTS sebesar 1,7 volt atau setara dengan 0,4%. Pada Panel AC Combiner dan inverter 1 jatuh tegangan yang terjadi sebesar 1,9 volt atau setara dengan 0,5 %. Oleh karena itu nilai jatuh tegangan yang terjadi pada tiap-tiap pengukuran dibawah ambang batas standar PUIL 2011 yaitu sebesar 4%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHananto, YuliNIP197707222002121001
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Achmad Noval Kurniawan Raroeng
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:32
Last Modified: 09 Mar 2023 02:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item