Implementasi Aplikasi Penjualan Terhadap Operasional Perusahaan Dibidang Alternative Trade Channel Di CV Arjuna Distributor Nestle Banyuwangi

Hogantara, Pieter Farandi (2023) Implementasi Aplikasi Penjualan Terhadap Operasional Perusahaan Dibidang Alternative Trade Channel Di CV Arjuna Distributor Nestle Banyuwangi. Documentation. Pieter Farandi Hogantara. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN MAGANG Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. Nestle Indonesia memiliki distributor resmi disetiap kota untuk menjangkau keseluruhan elemen masyarakat di Indonesia. Distributor area Banyuwangi sendiri yaitu bermitra dengan CV Arjuna sebagai Distributor resmi PT. Nestle Indonesia. CV Arjuna menyuplai dari keseluruhan daerah yang ada di Banyuwangi. CV Arjuna terbagi menjadi tiga divisi yaitu sales TTM (Traditional Trade Mixes) atau traditional / pasar, sales OT (Organization Trade) atau supermarket, sales ATC / Motoris (Alternative Trade Chanel) atau rombongrombong, tempat-tempat wisata, warung kecil. Bidang Alternative Trade Channel merupakan salah satu saluran distribusi yang menyalurkan produk ke rombong-rombong, tempat-tempat wisata, warung kecil, dan sejenisnya.. Salesman ATC menggunakan kendaraan motor pribadi lalu mereka menawarkan produknya dan membawanya di atas motor menggunakan saddle bag untuk ditawarkan langsung kepada konsumen. Sales ATC juga bertugas untuk melakukan penjualan pada warung-warung kecil. Toko-toko kelontong, dan langsung menuju kepada customer. Sales dapat melakukan penjualan produk dengan nominal yang kecil. Akan tetapi, salesman motoris tidak melalukan taking order karena sales ATC memiliki gudang sendiri. Gudang yang di maksud adalah, salesman ATC akan melakukan input barang yang akan di jual dari gudang standar nestle menuju gudang. Artinya, salesman ATC langsung membawa barang yang akan mereka jual dan langsung di distribusikan pada konsumen. Dalam dunia industri pastinya terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi. Salah satu permasalahan yang ada di CV.Arjuna yaitu pada aplikasi penjualan ND6 dan Nexmile yang masih diperlu pengembangan, dilihat dari sisi validitas data, validitas laporan dan pengaturan jaringan. Selain itu, masih banyak outlet-outlet yang belum sesuai atau tidak sinkron pada sistem ND6 dan aplikasi Nexmile. Jika aplikasi penjualan sudah dilakukan update nantinya akan lebih memudahkan karyawan dalam kinerjanya. Permasalahan yang ada di CV.Arjuna yaitu penggunaan aplikasi penjualan yang masih perlu pengembangan, dilihat dari sisi validitas laporan, validitas data dan pengaturan jaringan. Selain itu, masih banyak outlet-outlet yang belum sesuai/outlet itu tidak ada maka perlu adanya penyesuaian outlet baru pada sistem aplikasi penjualan agar dapat meningkatkan pendapatan distributor CV Arjuna.

Item Type: Monograph (Documentation)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 576 - Manajemen Industri
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Pieter Farandi Hogantara
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:06
Last Modified: 17 Mar 2023 01:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20423

Actions (login required)

View Item View Item