Pemanfaatan Cendawan Entomopatogen Beauveria bassiana Untuk Pengendalian Kutu Kebul (Bemisia tabaci) pada Tanaman Kedelai Organik

Wulandari, Geby (2023) Pemanfaatan Cendawan Entomopatogen Beauveria bassiana Untuk Pengendalian Kutu Kebul (Bemisia tabaci) pada Tanaman Kedelai Organik. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (205kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (212kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (444kB)

Abstract

Kutu kebul (Bemisia tabaci) adalah salah satu hama yang menjadi hambatan dalam peningkatan produksi kedelai hingga kini dan dapat menurunkan hasil panen sebesar 80% apabila tidak dilakukan pengendalian. Penelitian cendawan B. bassiana perlu dilakukan untuk mendapatkan konsentrasi efektif dalam mengendalikan kutu kebul pada kedelai. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman dan TPB Politeknik Negeri Jember dan di lahan milik PT. Sirtanio Organik Indonesia yang berlokasi di Desa Sumberbaru, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi pada Agustus sampai Desember 2022. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap pertama dilakukan uji efikasi untuk mengetahui konsentrasi acuan yang digunakan dilapang. Uji laboratorium menggunakan RAL dengan 6 taraf perlakuan yakni konsentrasi 0%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%. Penelitian tahap kedua adalah membandingkan dua perlakuan yakni Beauveria bassiana konsentrasi 10% dan pestisida nabati daun sirsak konsentrasi 29% dengan dosis 500 mL/ha. Variabel pengamatan meliputi efikasi, intensitas serangan dan berat 100 biji. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan melakukan uji statistik non parametrik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah efikasi insektisida agens hayati Beauveria bassiana terhadap kutu kebul (Bemisia tabaci) yang menunjukkan hasil di atas 70% adalah konsentrasi 10% dengan nilai 85%. Pengaplikasian cendawan entomopatogen Beauveria bassiana dan pestisida nabati daun sirsak menunjukkan hasil berbeda tidak nyata terhadap intensitas serangan yaitu pada perlakuan Beauveria bassiana 6,3% dan pestisida nabati daun sirsak 6,7% serta berat 100 biji yaitu pada perlakuan Beauveria bassiana 19,4 g dan pestisida nabati daun sirsak 19,46 g.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorErdiansyah, IqbalNIDN0023018707
Uncontrolled Keywords: Beauveria bassiana, Konsentrasi, Kutu Kebul, Kedelai, Organik
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Geby Wulandari
Date Deposited: 07 Mar 2023 00:46
Last Modified: 07 Mar 2023 00:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item