Perencanaan Plts Atap Dengan 3 Variasi Dc:Ac Ratio Pada Salah Satu Gedung Pabrik Tekstil Di Daerah Cijerah Menggunakan Helioscope

Yusron, Moch (2023) Perencanaan Plts Atap Dengan 3 Variasi Dc:Ac Ratio Pada Salah Satu Gedung Pabrik Tekstil Di Daerah Cijerah Menggunakan Helioscope. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (167kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
H41191210_Laporan Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan PLTS Atap dengan 3 Variasi DC:AC Ratio Pada Salah Satu Gedung Pabrik Tekstil di Daerah Cijerah Menggunakan Helioscope, Moch Yusron, NIM H41191210, Tahun 2023, 59 Hlm, Program Studi Teknik Energi Terbarukan, Jurusan Teknik, Politeknik Negeri Jember, Yuli Hananto, STp., M.Si. dan Riski Imanu Widya S.Tr .T Magang merupakan bentuk dari pembelajaran dengan melaksanakan Praktik kerja langsung di lapangan. Kegiatan ini dilakukan di PT. ATW Solar Indonesia dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung proses Engineering, Procurement, & Contractor (EPC) PLTS. Hasil dari magang ini dapat memberikan informasi tentang perencanaan, perancangan dan konstruksi pemasangan panel surya, dalam skala industri maupun residensial. Metode yang digunakan dalam kegiatan magang ini adalah terjun langsung ke lapangan, dokumen, dan studi literatur. Program magang dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia industri dengan segala perangkatnya, agar mahasiswa tidak buta dengan dunia industri, serta memiliki keberanian untuk terjun dan berkarir di dunia industri setelah lulus. Hasil simulasi di Helioscope pada salah satu gudang pabrik tekstil di daerah Cijerah dapat dipasang PLTS yang ideal menggunakan DC:AC Ratio 1,19 dengan kapasitas 118,8 kWp menggunakan panel surya JA Solar 540 Wp sebanyak 220 pcs dan inverter on grid jenis Solis-100k-5G sebanyak 1 pcs. DC:AC Ratio 1,19 menghasilkan Performance Ratio (PR) tertinggi selama satu tahun yaitu sebesar 76%. Potensi produksi energi yang dibangkitkan PLTS selama 1 tahun dari 3 variasi DC:AC rasio nilai tertinggi terjadi pada bulan Agustus dan nilai terendah terjadi pada bulan Januari.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHananto, YuliNIDN0022077701
Uncontrolled Keywords: ATW Solar, PLTS, DC:AC Ratio
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 443 - Teknik Enerji
Divisions: Jurusan Teknik > Prodi D4 Teknik Energi Terbarukan > PKL
Depositing User: Moch Yusron
Date Deposited: 06 Mar 2023 00:56
Last Modified: 06 Mar 2023 00:58
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item