Analisis tingkat kepuasan pasien bpjs unit rawat Inap dengan metode ipa di rumah sakit baladhika husada jember tahun 2019

Rahmawati, Mitha Amelia (2020) Analisis tingkat kepuasan pasien bpjs unit rawat Inap dengan metode ipa di rumah sakit baladhika husada jember tahun 2019. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
9. ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
17. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
22. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
G41160866_ SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan di unit rawat inap di Rumah Sakit Baladhika Husada Jember masih memiliki beberapa kendala untuk memberikan kepuasan kepada pasien seperti perawat tidak cepat tanggap dan kurang ramah kebersihan ruangan tidak terjaga, listrik sering mati sehingga AC tidak menyala, kebersihan toilet tidak terjaga, ruangan sempit dan terasa panas, proses pendaftaran pasien rawat inap untuk BPJS lama dan tempat parkir kurang luas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS unit rawat inap dengan metode IPA. Metode analisis IPA untuk mengukur tingkat kinerja (performance) dan kepentingan (importance) berdasarkan mutu, penghantaran, keamanan, dan moral dengan cara identifikasi nilai gap, tingkat kesesuaian, dan digambarkan dalam diagram kartesius. Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan melakukan penyebaraan kuesioner kepada 99 pasien BPJS unit rawat inap. Penarikan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Tingkat kepuasan pasien rawat inap berdasarkan metode analisis IPA diketahui bahwa hasil analisis diagram kartesius menggambarkan empat kuadran yang memiliki makna berbeda. Gambaran diagram kartesius terbagi menjadi 4 kuadran yang menjadi prioritas utama, dipertahankan, prioritas rendah, dan dianggap berlebihan. Hasil nilai gap berdasarkan mutu, penghantaran, keamanan, dan moral adalah <-1, namun berdasarkan keamanan ada satu atribut pertanyaan yang memiliki gap >-1. Upaya perbaikan utama hasil brainstorming adalah mealakukan monitoring kinerja cleaning servive dan melakukan pelatihan public speaking pada petugas untuk mengingkatkan komunikasi. Kata Kunci : Kepuasan pasien BPJS, rumah sakit, unit rawat inap, metode IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDeharja, AtmaNIDN0017118402
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Desi Susanti Andari
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:26
Last Modified: 03 Mar 2023 07:26
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20282

Actions (login required)

View Item View Item