Perbandingan Performa Ayam Broiler Strain Cobb 500 yang diberi Pakan Komersial BR1 dan Pakan Formula yang mengandung Probiotik yeast (Saccharomyces Cerevisiae)

Nizam, Moch Syahrul (2019) Perbandingan Performa Ayam Broiler Strain Cobb 500 yang diberi Pakan Komersial BR1 dan Pakan Formula yang mengandung Probiotik yeast (Saccharomyces Cerevisiae). Diploma thesis, POLITEKIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
7. HALAMAN RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31160531 MOCH SYAHRUL NIZAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ayam ras pedaging atau sering disebut broiler merupakan jenis ras unggulan yang memiliki produktivitas yang tinggi, terutama dalam hal daging. Daging adalah salah satu produk dari ayam broiler yang memiliki angka konsumsi cukup tinggi, karena selain mudah diperoleh, pertumbuhannya cepat, dan harganya juga lebih terjangkau dibanding dengan jenis ternak besar. Seiring meningkatnya pertambahan jumlah penduduk, perlu diimbangi dengan kesadaran gizi. Akan tetapi masyarakat mulai menghindari mengonsumsi daging ayam broiler, karena kewaspadaan masyarakat terhadap adanya tingginya kolesterol pada broiler dan residu antibiotik pada pakan ayam broiler yang diberi AGP. Probiotik merupakan sebagai mikroba hidup atau sporanya yang dapat hidup dan berkembang dalam usus sehingga dapat menguntungkan inangnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Probiotik yang cocok untuk diaplikasikan adalah probiotik yeast dikarenakan baik digunakan untuk diberikan untuk pangan yaitu sebagai fermentasi makanan dan penambahan feed aditif pada pakan ternak. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa pemberian pakan BR1 dan pakan formula probiotik yang mengandung yeast seperti konsumsi pakan, pertumbuhan bobot badan, bobot akhir, dan konversi pakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2018 sampai 05 Agustus 2018 yang bertempat di kandang broiler Politeknik Negeri Jember. Ternak yang di uji kan adalah ayam broiler dengan strain cobb 500 pada umur 14 hari sebanyak 80 ekor. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu Uji-t (independent t-test) yaitu 2 perlakuan 4 ulangan dan setiap ulangan terdiri 10 ekor dengan jumlah total 8 unit. Perlakuan yang yang dipakai untuk penelitian adalah pemberian ix pakan BR1 dan pakan formula probiotik yang mengandung yeast dengan dosis dan konsentrasi 1gram/kg pakan (0,1%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perbandingan pakan BR1 dan Pakan formula probiotik yang mengandung yeast tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan, dan konversi pakan ayam broiler tetapi pemberian pakan BR1 dan Pakan probiotik yang mengandung yeast berbeda nyata (P<0,05) terhadap bobot akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan BR1 dan pakan formula probiotik yang mengandung yeast dengan dosis 1gram/kg pakan dapat meningkatkan konsumsi pakan, pertumbuhan bobot badan dan konversi pakan tidak berbeda dari pakan BR1, namun pemberian pakan BR1 dan pakan formula probiotik yang mengandung yeast dengan dosis 1gram/kg pakan berpengaruh terhadap bobot akhir, hal ini disebabkan oleh pemberian dosis yang kurang tepat dan perbedaan bentuk pakan dari kedua perlakuan yang berbeda yaitu pakan BR1 (crumble) dan pakan probitoik yeast (tepung)

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, SuciNIDN0026026405
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:22
Last Modified: 16 Feb 2023 07:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/20050

Actions (login required)

View Item View Item