Pengarsipan Sekretaris pada Penyedia Layanan Kursus Bahasa Inggris Bidang Pendidikan dan Pariwisata di Translation Transfer Kabupaten Jember

Nabilah, Sarifatun Pengarsipan Sekretaris pada Penyedia Layanan Kursus Bahasa Inggris Bidang Pendidikan dan Pariwisata di Translation Transfer Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
Ringkasan_Sarifatun Nabilah_F31201600.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan_Sarifatun Nabilah_F31201600.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (106kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan Lengkap_Sarifatun Nabilah_F31201600.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Sarifatun Nabilah_F31201600.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (6kB)

Abstract

Dunia kerja di Indonesia beberapa terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat, perubahan terjadi seiring dengan kemampuan manusia dalam melahirkan inovasi. Produk baru dan metode baru tercipta seiring dengan kemajuan industri. Setiap periode zaman selalu saja melahirkan inovasi dahsyat yang berorientasi pada kebutuhan dan kemaslahatan kehidupan. Dalam hal ini, inovasi merupakan kunci kesuksesan di bidang industri. Revolusi industri ditandai dengan adanya perubahan pola hidup dan pola pikir masyarakat dan negara. Revolusi Industri akan mewarnai corak tatanan kehidupan masyarakat, baik di bidang ekonomi, sosial budaya dan politik. Masyarakat mulai berubah cara berpikirnya yaitu dari sektor agraria bergeser ke arah industri. Sejalan itu, Politeknik Negeri Jember menjadi tuan rumah Program Wirausaha Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia program yang dicanangkan untuk mahasiswa yang memiliki keterkaitan pada dunia Wirausaha, dalam hal ini Wirausaha Merdeka. Penulis telah melaksanakan serangkaian kegiatan Wirausaha Merdeka, diantarannya dimulai EDC (Entrepreneur Development Class) selama 1 minggu, Magang Tematik di DUDI selama 2 bulan, Inkubasi Bisnis selama 14 hari, Bootcamp selama 5 hari, Gelar Produk sebanyak 3 kali dan dilanjutkan Ujian Kompetensi BNSP Kewirausahaan sebagai bukti bahwa penulis memiliki kemampuan dan keterampilan yang telah diakui oleh para penguji yang sudah berpengalaman dan kompeten di bidang Kewirausahaan. Selama melaksanakan program Wirausaha Merdeka, penulis mendapat jabatan sebagai Sekretaris yang memiliki tugas membuat absensi anggota, SOP penomoran dan pembuat surat. Penulis juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang berguna untuk mendukung karir serta modal untuk terjun dalam dunia kerja nantinya. Walaupun selama beberapa waktu tentunya ada kendala dan kesulitan pada saat kegiatan berlangsung seperti halnya, magang maupun pelaksanaan teknis mempersiapkan produk, tetapi penulis dapat mengatasinya dengan belajar dan bertanya secara komunikatif kepada pembimbing eksternal. Selain itu, penulis berharap untuk mahasiswa yang ingin melaksanakan magang maupun program Kemendikbud Ristek di instansi manapun sebaiknya mencari informasi dengan seksama tentang instansi yang akan ditempati sehingga dapat mempersiapkan secara matang sebelum Magang dimulai. Adapun saran penulis diharapkan kepada mahasiswa untuk mengikuti aturan dan kode etik perusahaan maupun program yang telah diikutinya, sehingga pelaksanaan program terlaksana dengan baik. Sejalan dengan itu, dibarengi oleh mematuhi timeline pelaksanan program sehingga tidak terjadi keterlambatan pengumpulan laporan akhir magang dalam hal ini pemenuhan syarat lulus akademik perguruan tinggi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNila, SusantiNIDN0015097801
Subjects: 500 - Rumpun Ilmu Bahasa > 530 - Ilmu Bahasa Asing > 531 - Sastra (dan Bahasa) Inggris
Divisions: Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata > Prodi D3 Bahasa Inggris > PKL
Depositing User: Sarifatun Nabilah
Date Deposited: 24 May 2023 00:40
Last Modified: 24 May 2023 00:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19955

Actions (login required)

View Item View Item