Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Android

Septian, Sandhika Aditya (2020) Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Android. Diploma thesis, POLITEKIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (182kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (386kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. E31171952_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi merupakan sebuah sarana yang dapat digunakan penggunanya untuk mempermudah memenuhi kebutuhannya masing-masing. Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwasanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat di segala bidangnya, salah satunya yaitu teknologi Augmented Reality di industri game, dunia hiburan dan dibidang kedokteran sudah yang menerapkan teknologi tersebut. Pada saat ini dalam bidang pendidikan metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pendekatan kooperatif, hal ini dapat dilihat dari proses penyampaian materi masih menggunakan metode seperti presentasi, kegiatan kelompok, dan tes pada materi yang telah dibawakan. Dengan dilakukannya metode penyampaian tersebut, dapat meningkatkan pemahaman anak pada saat kegiatan belajar di sekolah. Namun, jika untuk memahaminya sendiri di luar kegiatan belajar mengajar dengan membaca buku akan mengurangi minat anak dalam mempelajarinya. Dari permasalahan tersebut alasan saya memilih judul ini dikarenakan saya akan memberikan solusi untuk masalah di atas. Disini saya akan memberikan inovasi berupa aplikasi berbasis Android yang didalamnya terdapat objek 3D yang di diproyeksikan dengan teknologi AR yang akan dikemas dengan tampilan yang lebih menarik dan imajinatif sehingga dapat digunakan sebagai media pendamping pembelajaran di sekolah maupun di luar kegiatan sekolah yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa sekolah dasar. Pada judul ini saya akan berfokus pada pembuatan AR yang akan mempelajari tentang pengenalan hewan berdasarkan jenis makanannya yang akan saya implementasikan kedalam gadget Android sehingga aplikasi juga dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian materi dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAyuninghemi, RatihNIP198608022015042002
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:12
Last Modified: 13 Feb 2023 03:12
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19921

Actions (login required)

View Item View Item