Pemasaran Kerajinan Kayu Khas Desa Tutul Melalui Marketplace Tamara Business Oleh Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di CV. Makrifat Business

Tamara, Defi (2022) Pemasaran Kerajinan Kayu Khas Desa Tutul Melalui Marketplace Tamara Business Oleh Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka Di CV. Makrifat Business. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (364kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (196kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
E41190942_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Wirausaha Merdeka adalah bagian dari Program MBKM yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dimana bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon enterpreneur yang dapat membangun usaha-usaha baru hingga bisa menghasilkan keuntungan dan berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan. CV Makrifat Business sebagai salah satu mitra Wirausaha Merdeka Politeknik Negeri Jember merupakan Sentral Kerajinan Kayu Khas Desa Tutul yang berada di Dusun Krajan, Krajan Tutul, Balung, Jember. Berdasarkan proyeksi pendapatan dari mitra magang, rupanya produk kerajinan kayu saat ini menjadi salah satu primadona yang memiliki pangsa pasar luas dengan kompetitor yang masih minim. Maka dari itu, penulis memulai sebuah usaha dengan memasarkan kerajinan kayu lokal khas Desa Tutul secara online melalui marketplace atau akun Shopee Tamara Business dengan menerapkan teknik Digital Marketing dan SEO Dasar. Teknik tersebut menjadi kunci dari kesuksesan penjualan hingga menjadi "goal order". Tamara Business menerapkan kerja sama Maklon dengan CV Makrifat Business, dimana dalam penjualan produk kerajinan kayu terdapat pembagian komisi sebesar 5-20%. Kelebihan teknik Maklon adalah pelaku bisnis dapat menjual beragam produk meski belum bisa memproduksi sendiri, dan bisa mendapatkan keuntungan dengan modal yang relatif kecil. Tamara Business saat ini memiliki 384 pengikut dan berhasil melakukan penjualan sebanyak 10 kali transaksi via Shopee.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEtikasari, BetyNIDN0028053202
Uncontrolled Keywords: Wirausaha Merdeka, Handicraft, Kerajinan Kayu, Digital Marketing, SEO, Shopee
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 458 - Teknik Informatika
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D4 Teknik Informatika > PKL
Depositing User: Defi Tamara
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:10
Last Modified: 13 Feb 2023 00:36
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19794

Actions (login required)

View Item View Item