Analisis Usaha „TARUU‟ Nastar Ubi Ungu Di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi

Zuliatmoko, Azizah (2020) Analisis Usaha „TARUU‟ Nastar Ubi Ungu Di Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Diploma thesis, POLITEKIK NEGERI JEMBER.

[img] Text (Ringkasan)
8. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (263kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
14. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
25. D31171217_LAPORAN LENGKAP_TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)

Abstract

Ubi ungu saat ini tengah menjadi komoditas yang naik daun di pasar tradisional maupun swalayan. Ubi ungu termasuk primadona diantara jenis-jenis ubi yang lainya. Ubi ini diminati konsumen karena memiliki komposisi gizi yang lengkap serta memiliki fungsi fisiologis yang baik bagi kesehatan tubuh. Keunggulan ubi ungu tidak hanya itu, karena ubi jenis ini ternyata memiliki produktivitas yang tinggi dan harga ubi ini juga terjangkau. Produk nastar ubi ungu merupakan diversifikasi makanan dari tanaman ubi ungu yang dikombinaskan dengan beberapa bahan penunjang, sehingga mengahasilkan inovasi makanan ringan yaitu nastar ubi ungu. Produk sebelumnya yang biasa dipasarkan berwarna kuning sedangkan nastar ubi ungu berwarna ungu. Inovasi ini diharapkan untuk menemukan resep yang tepat dalam pembuatan nastar ubi ungu dan meningkatkan kreatifitas agar dapat menambah nilai jual serta membuka lowongan pekerjaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perhitungan produksi nastar ubi ungu ini menggunakan analisis Break Even Point (BEP), R/C Ratio, dan Return On Invesment (ROI). Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil analisis usaha sebesar BEP (unit) 17 kemasan dengan total produksi 26 kemasan dan BEP (harga) Rp7.000 dari harga jual Rp10.000 , R/C Ratio 1,51 dan ROI 10%. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu saluran pemasaran secara langsung dan saluran pemasaran tidak langsung untuk usaha Nastar Ubi Ungu di Desa Sarimulyo Kesamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMayasari, FinanciaNIP19850782014042001
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D3 Manajemen Agribisnis > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:13
Last Modified: 09 Feb 2023 02:14
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19762

Actions (login required)

View Item View Item