Proses Penerbitan Surat Perintah Membayar Penyaluran Dana Bos Pada Kppn Semarang I

Widianti, Nofiya (2022) Proses Penerbitan Surat Perintah Membayar Penyaluran Dana Bos Pada Kppn Semarang I. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (108kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (7kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN PKL LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PKL (Praktik Kerja Lapang) yang dilakukan selama 1 (satu) semester penuh dan diprogramkan khusus pada mahasiswa semester VII (tujuh) bagi program studi yang menyelenggarakan program D-IV. Praktik Kerja Lapang dilaksanakan 20 sks selama 1 (satu) semester tersebut, yaitu Praktik Kerja Lapang Industri yang dilaksanakan di Kota Semarang selama 900 jam setara 5 bulan. Kegiatan ini merupakan persyaratan mutlak kelulusan yang harus diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Praktik Kerja Lapang merupakan kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa/mahasiswi Politeknik Negeri Jember. Kegiatan Praktik Kerja Lapang bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman dan keterampilan khusus di dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya. Selama mengikuti kegiatan Praktik Kerja Lapang diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan lokasi PKL. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini dilaksanakan selama 900 jam atau setara 5 bulan efektif pada bulan September sampai dengan Januari Tahun 2022. Kegiatan Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang I atau disebut KPPN Semarang I merupakan Instansi Vertikal Ditjen Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kanwil Ditjen PBN. Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di KPPN Semarang I pada Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Bank, Pencairan Dana, Manajemen Satker Internal serta Sub.bagian umum karena empat seksi dan sub.bagian umum tersebut merupakan tempat yang tepat sebagai sarana untuk mengimplementasikan pengetahuan akuntansi yang telah diperoleh dan mengembangkan kemampuan dalam memahami dunia kerja. Dana bos merupakan Dana bantuan operasional sekolah, dalam penyaluran Dana bos terbagi menjadi tiga jenis yaitu Dana bos regular, Dana bos afirmasi, dan Dana bos kinerja. Mulai tahun 2020 penyaluran Dana bos tidak lagi melalui RKUD (Rekening Kas Umum Daerah) milik pemerintah provinsi melainkan langsung ke rekening sekolah agar cepat diterima sekolah dan kegiatan belajar-mengajar akan berjalan lebih lancar serta gaji guru honorer tidak akan telat dibayarkan, pada akhirnya kebijakan untuk pendididkan di Indonesia akan lebih maju dan lebih cepat dirasakan masyarakat Indonesia. Mekanisme penyaluran Dana bos melalui KPPN diatur dalam Peraturan Mentri Keuangan (PMK) Nomor 9/PMK.07/2020 tentang Perubahan atas PMK Nomor 48/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSugiartono, EndroNIDN0027087005
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 573 - Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll)
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Akuntansi Sektor Publik > PKL
Depositing User: Noviya Widianti
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:37
Last Modified: 08 Feb 2023 06:39
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item