Penggunaan Beberapa Tanaman Budidaya Pada Area Tanam dalam Pengendalian Hama Kedelai Edamame PT. Gading Mas Indonesia Teguh

Atalariksyah, Tendik (2022) Penggunaan Beberapa Tanaman Budidaya Pada Area Tanam dalam Pengendalian Hama Kedelai Edamame PT. Gading Mas Indonesia Teguh. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. A42180462 Tendik A. Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (107kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. A42180462 Tendik A. Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
PKL fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. A42180462 Tendik A. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (105kB)

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah proses belajar bagi mahasiswa diluar kegiatan perkuliahan dengan cara ikut serta secara langsun dalam kegiatan atau tugas yang diberikan oleh perusahaan, industri, maupun unit bisnis lainya. tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam tata cara mengolah sumber daya produksi. Dilaksanakan mulai tanggal 06 September 2021 sampai tanggal 06 januari 2022 dengan metode observasi, praktek lapang, demonstrasi, dokumentasi, dan studi pustaka sebagai metode pelaksanaanya. Berdasarksan kegiatan PKL yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan Mapping saat survei lahan harus dilakukan dengan benar, begitu juga dengan kondisi disekitar lahan produksi juga harus diperhatikan terutama tanaman pada sekitar area budidaya edamame. tanaman tersebut dapat berpotensi menjadi inang dari hama penting edamame yang akan bermigrasi. Kondisi ini dapat meningkatkan serangan hama, sehingga diperlukan teknik pencegahan dan pengendalian hama yang efektif. Contohnya pada lahan tegalrejo yang disekitarnya ada lahan tembakau, yang mana tingkat serangan hama kutu kebul (Bemisia Tabachi) cukup serius dengan ditemukan ≥3 ekor/daun. Sementara pada lahan lain yang tanaman sekitarnya padi justru kemunculan kutu kebul lebih sedikit, namun kehadiran kepik hijau lebih banyak. Teknik pengendalian hama penting pada edamame dapat diprediksi melalui tanaman yang ada di sekitarnya. Pada analisis usaha tani diperoleh angka R/C ratio sebesar 2,46 atau > 1 dan B/C Ratio diperoleh 1,46 > 0, Sehingga budidaya tanaman edamame (Glycine max L.) layak untuk diusahakan.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorjumiatun, jumiatunNIDN0010089002
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Beberapa Tanaman Budidaya Pada Area Tanam dalam Pengendalian Hama Kedelai Edamame
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Tendik Atalariksyah
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:55
Last Modified: 02 Feb 2023 04:56
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item