Penapisan Mikroalga dari Gambut Ph Rendah untuk Mencari Isolat Tinggi Lipida di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Cibinong Bogor-Jawa Barat

Zulfiyah, Asshifa Furaida (2022) Penapisan Mikroalga dari Gambut Ph Rendah untuk Mencari Isolat Tinggi Lipida di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Cibinong Bogor-Jawa Barat. [Experiment] (Submitted)

[img] Text (Ringkasan)
Asshifa Furaida Z_Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (324kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Asshifa Furaida Z_Bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Asshifa Furaida Z_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (329kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full Text Laporan PKL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mikroalga dianggap sebagai biomassa generasi ke-3 untuk produksi biofuel terbarukan (Khalekuzzaman et al., 2021). Faktor utama dipilihnya biomasa mikroalga karena kemampuannya untuk melakukan fotosintesis dengan efisiensi yang sangat tinggi dalam menghasilkan biomasa dan laju pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan tumbuhan lainnya (Gultom, 2018). Mikroalga memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai salah satu energi terbarukan biofuel, yang utamanya tergantung pada hasil lipida dan komposisi sel alga (Hu et al., 2008; Pienkos & Darzins, 2009). Pada laporan Praktik Kerja Lapang (PKL) ini dilakukan penapisan 7 isolat mikroalga yang ditumbuhkan pada 3 macam pH (4, 7, 9). Pada isolat yang terpilih yaitu mikroalga strain InaCC M47 dengan media pertumbuhan IMK dilakukan analisis lipid metode Bligh and Dyer, protein metode Bradford dan karbohidrat metode Fenol-Asam Sulfat. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Isolat mikroalga InaCC M47 dengan media IMK mampu tumbuh baik di pH 4 (Gambut) daripada Isolat lainnya dengan pH media yang sama. Lipid Isolat mikroalga InaCC M47 yang ditumbuhkan pada pH 4 0,81% lebih tinggi dari pH 9. Protein Isolat mikroalga InaCC M47 yang ditumbuhkan pada pH 4 relatif lebih tinggi dari pH 9 sebesar 0,00018 g per gram berat kering biomasa. Gula Isolat mikroalga InaCC M47 yang ditumbuhkan pada pH 9 relatif lebih tinggi dari pH sebesar 0.15 g per gram berat kering biomas.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBudiati, TitikNIDN0020057002
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D4 Teknologi Rekayasa Pangan > PKL
Depositing User: Asshifa Furaida Zulfiyah
Date Deposited: 30 Jan 2023 00:53
Last Modified: 30 Jan 2023 00:54
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19109

Actions (login required)

View Item View Item