Kegiatan Seleksi (Roguing) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) di UD. Harapan Tani, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember

Rosidi, Alien Anandia (2022) Kegiatan Seleksi (Roguing) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) di UD. Harapan Tani, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (99kB)
[img] Text (Laporan Lrngkap)
A42180871_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa semester 7 untuk program D-IV di semua jurusan guna memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan, pengalaman dan keterampilan mahasiswa supaya memiliki kompetensi dalam suatu jenis pekerjaan tertentu di bidang produksi tanaman pangan. Untuk menerapkan wawasan, pengalaman dan keterampilan di lapang, maka dilakukan Praktek Kerja Lapang di UD. Harapan Tani di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Tujuan Praktik Kerja Lapang (PKL) adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di perusahaan industri dan unit bisnis strategis lainnya yang diharapkan dapat menjadi sarana pengembangkan keterampilan dan keahlian pada diri mahasiswa. Pada kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu menambah wawasan maupun pengalaman mengenai roguing pada tanaman padi. Kegiatan yang dilakukan selama praktik meliputi pra-tanam, pemeliharaan, panen, hingga pasca panen yang dilakukan mulai tanggal 6 September 2021 hingga 6 Januari 2022 dengan menggunakan beberapa metode pelaksanaan, diantaranya adalah observasi, wawancara, diskusi, praktik secara langsung, dokumentasi, penyusunan laporan, dan studi pustaka. Berdasarkan kegiatan PKL yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga kemurnian benih dengan varietas lainnya pada tanaman padi v dilakukan teknik roguing. Untuk mengeliminasi tipe – tipe tanaman yang menyimpang dari rata – rata dan yang berpenyakit berdasarkan hasil pengamatan secara visual maka dilakukan kegiatan roguing. Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin mutu genetik dan fisiologis benih yang dihasilkan berdasarkanfase – fase pertumbuhan tanaman padi yang perlu dilakukan seleksi. Teknik roguing dapat dilakukan mulai fase vegetatif dengan umur 30 HST, fase generatif dan fase masak.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardana, RudiNIDN0019028907
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 156 - Pemuliaan Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Alien Anandia Rosidi
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:37
Last Modified: 25 Jan 2023 01:40
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item View Item