Tinjauan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis Berdasarkan Antropometri Petugas Filling Di RSPAL Dr. Ramelan

Salsabilla, Sania Narulia (2022) Tinjauan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis Berdasarkan Antropometri Petugas Filling Di RSPAL Dr. Ramelan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
LAPORAN LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (284kB)

Abstract

RSPAL Dr. Ramelan merupakan rumah sakit tipe A paripurna yang menyediakan spesialis dan sub spesialis luas. Sebagai rumah sakit yang menyediakan pelayananan lengkap maka RSPAL Dr. Ramelan menjadi rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Jawa Timur yang ditetapkan oleh pemerintah atau disebut sebagai rumah sakit pusat. RSPAL Dr. Ramelan mempunyai fungsi memberikan pelayanan kesehatan paripurna dengan motto “Satukan Tekad Berikan Layanan T E R B A I K“ (Terpercaya, Efisien, Ramah, Berkualitas, Akurat, Inovatif, Komunikatif). Pelayanan kesehatan wajib menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam rangka penyelenggaraan rekam medis. Rekam medis yang diselenggarakn oleh Unit Rekam Medis salah satunya yaitu Filling yang merupakan media untuk penyimpanan dokumen rekam medis yang berfungsi sebagai penyimpanan, penyediaan, dan pelindung dokumen rekam medis (PERMENKES RI No 269/MENKES/PER/III/2008, 2008). Berdasarkan hasil praktek kerja lapang pada bulan Januari – Maret 2022, didapatkan bahwa ditemukannya permasalahan pada rak penyimpanan di ruang filling 2 yakni masih menggunakan rak terbuka sebanyak 7 rak penyimpanan berkas rekam medis dan ukuran rak penyimpanan yang belum sesuai dengan ukuran antropometri petugas filling. Laporan ini bertujuan untuk mengukur data antropometri tubuh petugas filling di RSPAL dr. Ramelan Surabaya dan mengetahui pelaksanaan dan kondisi rak penyimpanan berkas rekam medis di ruang filling 2 di RSPAL dr. Ramelan Surabaya. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan 3 petugas filling didapatkan bahwa petugas kurang nyaman pada saat mengambil dan mengembalikan berkas ada rak penyimpanan filling 2 yang terlalu tinggi dan sulit dijangkau di sub rak yang paling atas. Saran peneliti adalah menambahkan alat bantu yang aman seperti tangga untuk mengambil dan mengembalikan dokumen rekam medis pada rak penyimpanan berkas rekam rekam medis dan melakukan pembaruan pada ukuran rak penyimpanan berkas rekam medis yang sesuai dengan anthropometri petugas filling.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWicaksono, Andri Permana0005038702
Uncontrolled Keywords: Rak Penyimpanan, Antropometri, Filling
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 351 - Kesehatan Masyarakat
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 352 - Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes)
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 359 - Kesehatan Lingkungan
340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > PKL
Depositing User: Sania Narulia Salsabilla
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:20
Last Modified: 20 Jan 2023 07:21
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item