Manajemen Pemumupkan Tanaman Menghasilkan Perkebunan Kelapa Sawit di Kebun Baulin PT. Candi Artha Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan

Yulianto, Mohamad riski (2022) Manajemen Pemumupkan Tanaman Menghasilkan Perkebunan Kelapa Sawit di Kebun Baulin PT. Candi Artha Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
RINGKASAN (abstract).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (11kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (19kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Laporan PKL Moh. riski yulianto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guineensis jacq) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak nabati yang sangat penting. Kebutuhan akan minyak dan gas sangat besar dalam kehidupan sehari-hari, dari tanaman kelapa sawit dapat dihasilkan beberapa produk seperti sabun, lilin, kosmetik, minyak nabati bahkan sampai kebahan bakar biodiesel telah dikembangkan dari hasil olahan kelapa sawit. Kelapa sawit merupakan komuditas unggulan indonesia sehingga banyak perusahaan perkebunan yang mengembangkannya salah satunya adalah perusahaan perkebunan PT. Candi Artha dan petani plasma disekitar perusahaan perkebunan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan budidaya kelapa sawit dengan baik, dapat mengetahui dan memehami teknik manajemen pemeliharaan khususnya dibidang pemupukan di Kebun Candi Artha. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan apapun yang ada di perkebunan PT. Candi Artha dari awal sampai akhir sehingga mahasiswa mendapatkan ilmu teknik budidaya dan pengalaman kerja secara langsung diperusahaan tersebut. Hasil kegiatan praktek kerja lapang di Perkebunan PT. Candi Artha, penulis memperoleh pengalaman sebagai pengawas (mandor) tenaga kerja pemeliharaan dan memperoleh wawasan permasalahan dan pemecahan masalah dalam mengelola kegiatan pemeliharaan dan panen. Penulis juga terlibat dan bersosialisasi langsung dengan pekerja dan pengelola kebun khususnya di kebun divisi A, Batakan dan Baulin sehingga dapat mempelajari dan memahami etika dan budaya di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Candi Artha.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMastuti, LilikNIDN0020085810
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Mohamad Riski Yulianto
Date Deposited: 25 Jan 2023 00:46
Last Modified: 25 Jan 2023 00:48
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item