Ferdiansyah, Muhammad (2020) Analisa Perfoma Sepeda Motor 1 Silinder 183 cc Bore up dengan Variasi Map Ecu Aftermarket. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
9. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
|
Text (Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (94kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (167kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
H42160118_Laporan Skripsi Lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam peningkatan performa sebuah sepeda motor dapat memperbesar kapasitas volume ruang bakar dengan menggantikan komponen piston ukuran diameter dan blok silinder yang memiliki liner lebih besar dari standarnya, dengan demikian kondisi ruang bakar pada mesin akan membengkak sesuai bore-up yang diaplikasikan pada kendaraan motor sehingga tenaga yang dihasilkan lebih baik. Adapun salah satu yang paling menarik perhatian untuk memaksimalkan sepeda motor sudah di bore-up dengan teknologi injeksi yaitu mempergantikan piranti otak pada kendaraan motor itu sendiri yaitu ECU. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui beberapa variasi map dengan kombinasi mesin yang sudah bore-up. sehingga penelitian ini dapat mengambil judul Analisa Perfoma Sepeda Motor 1 Silinder 183 cc Bore-up dengan Variasi Map ECU aftermarket. Pengujian ini dilaksanakan di laboratorium Mesin Otomotif Politeknik Negeri Jember dan bengkel RAT sidoarjo pada bulan Desember 2019. Pengujian dilakukan dengan menggunakan objek sepeda motor yang sudah di bore-up yaitu new vixion 150 cc dan untuk pembanding perfoma menggunakan sepeda motor non bore-up. Setelah di bore-up kapasitas mesin menjadi 183 cc dan pergantian ECU aftermarket. Percobaan dilakukan dengan mengubah variasi map dengan menggunakan Ecu aftermaket Juken 5 dual band. Pengujian dan pengambilan data dilaksanakan dengan merubah variasi map. Pengujian dengan menggunakan dynotes dilakukan mulai dari RPM 4000 hingga RPM 11000. Dari hasil pengujian ini dapat diketahui besar daya dan torsi kendaraan yang sesuai dengan kondisi mesin. Setiap variasi map dilakukan pengujian sebanyak 3 kali pengujian untuk mendapatkan data yang maksimal. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan nilai torsi dan daya tertinggi dengan menggunakan Ecu aftermarket dengan variasi map 3 yaitu pada Rpm 6568 xi dengan torsi 20,10 N.m untuk daya didapat yaitu pada Rpm 8589 dengan besar 21,8 HP. Sedangkan untuk pembanding perfoma dihasilkan dengan motor non bore-up di dapat torsi sebesar 16,19 N.m pada Rpm 6949 dan daya sebesar18,0 Hp pada Rpm 8776. Dari hasil pengujian tertinggi tersebut di karenakan konsumsi bahan bakar dan titik pengapian sesuai dengan karakter mesin tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Riza Nuraini Octavia | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:24 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:25 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18752 |
Actions (login required)
View Item |