PENGARUH SUBSITUSI TEPUNG IKAN DENGAN DAGING BEKICOT (Achatina fulica) TERFERMENTASI SEBAGAI SUMBER ASAM AMINO TERHADAP KUALITAS FISIK DAGING AYAM KAMPUNG SUPER

Faruk, Ahmad (2019) PENGARUH SUBSITUSI TEPUNG IKAN DENGAN DAGING BEKICOT (Achatina fulica) TERFERMENTASI SEBAGAI SUMBER ASAM AMINO TERHADAP KUALITAS FISIK DAGING AYAM KAMPUNG SUPER. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
09. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (31kB)
[img] Text (Pendahuluan)
15. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (38kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
22. C41150387 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Manusia dalam hidupnya membutuhkan gizi untuk menunjang kebutuhan pokoknya. Gizi tersebut dapat diperoleh melalui konsumsi daging sebagai salah satu sumber protein hewani. Salah satu sumber protein hewani yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia diantaranya adalah daging ayam kampung (buras). Dalam pemeliharaan ayam kampung super penyediaan pakan sering menjadi kendala utama terutama semakin mahalnya harga pakan yang disebakan oleh sebagaian bahan penyusun ransum tersebut diimpot dari luar seperti tepung ikan. Tepung ikan merupakan salah satu bahan pakan sumber protein hewani dalam ransum unggas dan hampir semua formulasi ransum unggas mengguanakan tepung ikan sebagai sumber protein. Untuk menekan biaya produksi yang ditimbulkan oleh biaya ransum perlu diusahakan alternatif bahan pakan lain yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan pakan lokal. Salah satu bahan pakan lokal yang dapat digunakan sebagai sumber protein hewani adalah dengan memanfaatkan bekicot sebagai sumber protein hewani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh subsitusi tepung ikan dengan daging bekicot terfermentasi sebagai sumber asam amino terhadap kualitas fisik daging ayam kampung super. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 kali ulangan. Parameter yang diamati meliputi pH, daya ikat air, susut masak dan keempukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan daging bekicot terfermentasi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pH, daya ikat air, susut masak dan keempukan. Subsitusi tepung ikan dengan daging bekicot terfermentasi sebagai sumber asam amino dapat diterapkan pada pakan buatan sendiri dengan konsentrasi 15 ml/kg pakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSiswantoro, DharwinNIDN0005047302
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 212 - Sosial Ekonomi Perternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:43
Last Modified: 10 Jan 2023 06:43
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item