Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Putih Dengan Metode SPC (Statistical Process Control) Pada UD. Saudara Jaya Di Kabupaten Jember

Rini, Nanik Styo (2020) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Putih Dengan Metode SPC (Statistical Process Control) Pada UD. Saudara Jaya Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstrak)
07. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (142kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
11. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (96kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
16. DAFTARPUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (150kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
21. D41160147 LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tahu merupakan produk olahan hasil pertanian yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai lauk pauk maupun sebagai cemilan, sehingga peluang dalam membuka usaha pabrik tahu sangatlah besar. UD. Saudara Jaya merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan bahan makanan khususnya dari bahan baku kedelai yaitu tahu. Perusahaan ini berusaha menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan konsumen dengan mempertahankan kualitas produk. Tetapi, untuk menghasilkan mutu yang baik diperlukan pengendalian kualitas yang bertujuan meminimalisir penyimpangan yang tidak sesuai dengan standart yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian kualitas tahu dan penyebab dari permasalahan terkait keutuhan tahu, kebersihan tahu, dan potongan tahu dengan menggunakan alat bantu diagram pareto, diagram sebab akibat, peta kendali p, dan kapabilitas proses (Cp). Berdasarkan hasil penelitian terkait peta kendali p diperoleh hasil untuk kriteria keutuhan tahu masih berada pada garis batas statistikal sehingga menunjukkan proses pengendalian kualitas sudah terkendali, untuk kriteria kebersihan tahu masih berada pada garis batas statistikal sehingga menunjukkan proses pengendalian kualitas sudah terkendali, dan untuk kriteria potongan tahu masih berada pada garis batas statistikal sehingga menunjukkan proses pengendalian kualitas sudah terkendali, Faktorfaktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam produksi tahu yaitu faktor manusia, faktor metode, dan faktor peralatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnowati, NaningNIDN0024018302
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 06:37
Last Modified: 10 Jan 2023 06:37
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item View Item