MENINGKATKAN IMUNITAS BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP PENYAKIT WHITE SPOT DENGAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carrica papaya)

Taek, Martinus (2011) MENINGKATKAN IMUNITAS BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP PENYAKIT WHITE SPOT DENGAN EKSTRAK DAUN PEPAYA (Carrica papaya). Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
8. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Pendahuluan)
13. BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (28kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
26. TA SELURUH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan spesies yang ikan berasal dari kawasan Sungai Nil dan danau-danau sekitarnya di Afrika. Bentuk tubuh memanjang, pipi kesamping dan warna putih kehitaman. Nila disukai oleh kalangan para pembudidaya karena mudah dipelihara, dapat dikonsumsi oleh segala lapisan serta rasa daging yang enak dan tebal. Namun, didalam usaha budidaya ikan nila, tidak luput dari berbagai masalah yang dihadapi dan salah satunya adalah masalah pengendalian penyakit yang belum teratasi dengan baik. Berbagai cara dilakukan untuk mengendalikan penyakit White spot Salah satu caranya adalah dengan memberikan obat-obatan alamiah yang tidak berbahaya bagi kesehatan ikan Nila. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun pepaya terhadap tingkat mortalitas benih ikan nila dan mengetahui dosis ekstrak daun pepaya yang tepat untuk meningkatkan imunitas benih ikan nila terhadap serangan penyakit white spot. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu dimulai dari tanggal 22 April – 3 Mei 2011 yang bertempat di Laboratorium Biosains Politeknik Negeri Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Data hasil yang diperoleh dari analisis sidik ragam tidak berpengaruh signifikan terhadap perlakuan (F hit 1,91 < F tab 5% dan 1%). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun pepaya tidak mempunyai potensi untuk mengurangi mortalitas benih ikan nila (Oreochromis niloticus) yang terserang penyakit white spot dan penggunaan dosis ekstrak daun papaya yang berbeda tidak berpengaruh dalam meningkatkan kekebalan tubuh ikan nila (Oreochromis niloticus) terhadap serangan penyakit White spot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardati, IrmaNIDN0019126905
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 230 - Ilmu Perikanan > 233 - Budidaya Perikanan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > Tugas Akhir
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:05
Last Modified: 09 Jan 2023 07:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item