Rizkianto, Ahmad (2020) Pengenalan Tarian Tradisional Jawa Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (220kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (239kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (437kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
E31171618_LAPORAN LENGKAP.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai macam budaya seperti tari-tarian tradisional. Tari tradisional adalah salah satu hasil kebudayaan yang berupa tari-tarian secara turun temurun oleh masyarakat di Negara Indonesia. Tari Tradisional mempunyai nilai cerita dan tujuan tersendiri, begitupun di Negara Indonesia mempunyai banyak suku daerah yang memiliki ciri khas tarian yang berbeda. Dalam hal ini, pengenalan kebudayaan tari pada masyarakat maupun pelajar dapat diketahui dengan melihat dan membaca dari buku, media masa dan media cetak. Oleh karena itu membutuhkan inovasi baru untuk menarik minat masyarakat dan siswa dalam mengenal tari tradisional di Negara Indonesia. Mengembangkan, memperkenalkan serta melestarikan tari tradisional Indonesia khususnya tari yang ada di daerah pulau Jawa memiliki banyak cara. Hal ini dapat dibuktikan melalui beberapa cara untuk pengembangan dan perkenalan, yaitu seperti media cetak, media masa dan media internet. Adapun suatu cara lain untuk hal tersebut yaitu dengan menggunakan teknologi mobile dalam bentuk Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) merupakan cara alami untuk mengeksplorasi objek 3D dan data, AR merupakan suatu konsep perpaduan antara virtual reality dengan world reality. Sehingga objek-objek virtual 2 Dimensi (2D) atau 3 Dimensi (3D) seolah-olah terlihat nyata dan menyatu dengan dunia nyata. Aplikasi ini dirancang dan dibangun dalam bentuk Augmented Reality dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi ini dirancang dan dibangun menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aplikasi dibangun dengan menggunakan Unity3D, Blender, vuforia developer, CorelDRAW dan Photoshop. Kebanyakan sekolah atau di masyarakat hanya ix menggunakan media buku untuk mempelajarinya sehingga cepat bosan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan media buku. Dengan adanya Augmented Reality ini maka siswa atau pelajar serta masyarakat umum akan tertarik untuk mengenal ataupun mempelajari tentang Tarian Tradisional mereka khususnya di daerah pulau Jawa. Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Augmented Reality di bidang Tarian Tradisional Jawa ini sangat diperlukan untuk masyarakat dan pelajar khususnya di Daerah Jawa. Sebagai contoh dengan adanya sistem ini maka masyarakat, serta siswa atau pelajar akan tertarik untuk mengenal ataupun mempelajari tentang Tarian Tradisional mereka khususnya di daerah pulau Jawa, karena masyarakat akan senang jika menggunakan teknologi yang menarik dan mudah, oleh karena itu dikembangkan suatu aplikasi menarik berbasis android untuk pengenalan Tarian Tradisional menggunakan teknologi Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi | ||||||
Divisions: | Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | Sri Supriyatiningsih | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2023 03:40 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2023 03:41 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18663 |
Actions (login required)
View Item |