Proses Layout Planogram Produk Susu UHT PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk,

Alvinas, Achmad Yusril (2020) Proses Layout Planogram Produk Susu UHT PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk,. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
4. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (69kB)
[img] Text (Pendahuluan)
9. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (8kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
D41160731_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak di sektor Consumer Goods Industry. Perusahaan ini telah berdiri sejak tanggal 2 November 1971 dan 3 tahun kemudian mulai beroperasi secara komersial di awal tahun 1974. Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Ultrajaya bergerak dalam bidang industri makanan dan minuman, dan bidang perdagangan. Di bagian minuman, Perusahaan memproduksi berbagai minuman seperti susu, jus buah, teh, minuman tradisional dan minuman kesehatan, yang diproduksi dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature), dan dikemas dalam bahan kemasan aseptik. Di bagian makanan, Perusahaan memproduksi susu kental manis, susu bubuk, dan konsentrat jus buah tropis. Perusahaan memasarkan semua produknya dengan penjualan langsung, penjualan tidak langsung, dan perdagangan modern. Terdapat beberapa tahapan dalam melakukan perencanaan planogram. Tahapan pertama adalah membedakan antara produk fast moving dan slow moving, tahapan kedua adalah melakukan kegiatan pengkategorisasian barang sesuai dengan kategorinya, tahapan ketiga yaitu membuat layout di dalam swalayan / toko, dan tahapan terakhir adalah membuat layout mapping planogram. Planogram untuk produk Ultrajaya khususnya merk “Ultra Milk” di tata berdasarkan eye level dari setiap segementasi usia, dan di kategorikan berdasarkan tiga kategori size yaitu regular size, children size, dan family size. Permasalahan yang terjadi berkaitan tentang planogram yaitu adalah penataan produk pada display produk susu UHT Ultrajaya kurang baik. Beberapa akar dari permasalahan tersebut adalah tidak tersedianya tinggi shelf sesuai dengan ukuran tinggi produk, tidak semua supermarket menggunakan planogram PT Ultrajaya, produk tercampur dengan merk pesaing, tidak konsistennya penataan facing display produk, kurangnya jumlah sales promotion girl / Boy (SPG/SPB), produk cacat masih terdisplay dalam gondola, dan kurangnya inspeksi dari Spaceman. Solusi dari permasalahan yang terjadi pada faktor lingkungan adalah dengan pengaturan jarak shelf kepada Manajer Kategori dari supermarket terkait, dan mengajukan adopsi desain layout planogram by size dari PT Ultrajaya. Solusi permasalahan pada faktor metode adalah penataan layout planogram berdasarkan merk, membuat prosedur penataan barang serta pelatihan kepada SPG/SPB, dan menambah jumlah SPG/SPB, melakukan sistem shift. Solusi permasalahan pada faktor material adalah meningkatkan intensitas cek display. Solusi permasalahan pada faktor manusia adalah dilakukannya inspeksi oleh Spaceman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKurniawati, DewiNIDN0013017904
Subjects: 550 - Rumpun Ilmu Ekonomi > 570 - Ilmu Manajemen > 571 - Manajemen
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > PKL
Depositing User: Riza Nuraini Octavia
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:06
Last Modified: 04 Jan 2023 04:07
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18558

Actions (login required)

View Item View Item