Perancangan Layout Bahan Kemas Untuk Meningkatkan Efektivitas Sistem FIFO Di Packaging Material PSPD PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Gresik

Yusuf, Dewi Mukarromah (2020) Perancangan Layout Bahan Kemas Untuk Meningkatkan Efektivitas Sistem FIFO Di Packaging Material PSPD PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Gresik. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
04. B32170755_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
08. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (26kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (14kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
19. B32170755_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Gresik merupakan unit perusahaan yang bergerak di bidang biskuit yang memiliki berbagai macam produk biskuit. Produk biskuit yang diproduksi diantaranya Gery Saluut Malkist, Chocolatos Wafer Cream, Wafer stick, Waffle, Butter Cookies dan Crunch Roll. Produk ini berbahan baku tepung terigu, ragi, gula, air, mentega, minyak dan bahan minor lainya. Tahapan proses dalam pembuatan biskuit malkist adalah persiapan bahan baku dan bahan kemas, pembuatan adonan dan krim, pencetakan dan pemanggangan biskuit, penyalutan biskuit dan pengemasan biskuit. Jumlah produksi biskuit setiap produk berbeda bergantung pada rencana produksi mingguan yang telah ditentukan berdasarkan permintaan produk di pasaran. Hal ini berpengaruh pada jumlah bahan kemasan yang digunakan dan yang tersimpan pada setiap plant produksi. Plant Satu Plus Dua (PSPD) yang memproduksi biskuit Malkist Saluut memiliki jenis yang beragam dan jumlah produksi yang cukup tinggi sehingga mempengaruhi pada bahan kemasan produk yang disimpan pada gudang penyimpanan cukup banyak. Ruang penyimpanan atau gudang merupakan tempat penyimpanan material yang menunjang kelancaran dalam proses produksi, material tersebut akan terus disimpan hingga siap diproses sesuai dengan jadwal produksi. Ruang penyimpanan dapat berfungsi baik jika sistem keluar masuk barang yang digunakan sesuai kebutuhan. Sistem keluar masuk barang di ruang penyimpanan ada beberapa metode antara lain sistem FIFO, LIFO dan FEFO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSantoso, AgusNIP196212121989031003
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 160 - Teknologi dalam Ilmu Tanaman > 163 - Teknologi Pertanian
Divisions: Jurusan Teknologi Pertanian > Prodi D3 Teknologi Industri Pangan > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:24
Last Modified: 04 Jan 2023 02:24
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item