“Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Pramuka Berbasis Android

Putri, Septian Nana (2020) “Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran Pramuka Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Ringkasan)
07. RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
13. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (302kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (385kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
20. E31170448_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian baik fisik maupun non fisik, sosial, emosional, kecakapan hidup dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. Kegiatan Ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah dimana kegiatan ini harus diikuti oleh seluruh peserta didik, sesuai dengan yang tercantum dalam “ PERATURAN MENTRI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NO 63 TAHUN 2014”. Setiap sekolah memiliki berbagai metode dan teknik dalam memberikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Dalam melaksanakan kegiatan pramuka membutuhkan proses dan kesabaran bagi setiap guru. Semakin berkembangnya teknologi saat ini dimana pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah dan praktis salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi media pembelajaran pramuka berbasis android. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi yang ada di dalam pramuka dan mempermudah proses pembelajaran tentang pramuka kepada anak didiknya. Dan dalam aplikasi ini juga akan memanfaatkan metode AR agar bisa membuat aplikasi ini semakin menarik , mempermudah untuk mempelajari apa saja yang ada pada pramuka dan tidak membosankan. Hasil dari aplikasi ini telah dapat digunakan dan dapat mempermudah aktivis pramuka dalam mempelajarai materi sejarah pramuka, sandi, maupun semaphore. Sedangkan untuk tujuan pembuatan laporan Tugas Akhir di dalam materi semaphore sendiri yang memanfaatkan Augmented Reality sudah tercapai dan dapat dijalankan sesuai dengan harapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWisdiatuti, IkaNIDN0019087803
Subjects: 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 462 - Teknologi Informasi
Divisions: Jurusan Teknologi Informasi > Prodi D3 Manajemen Informatika > Tugas Akhir
Depositing User: Sri Supriyatiningsih
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:32
Last Modified: 03 Jan 2023 04:33
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item