Pemanfaatan Suplen (Suplemen Pelengkap Pakan) Pada Ternak Sapi Potong Bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka di UD. Handoyo Blitar – Jawa Timur

Santi, Aprilia Nur (2022) Pemanfaatan Suplen (Suplemen Pelengkap Pakan) Pada Ternak Sapi Potong Bagi Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka di UD. Handoyo Blitar – Jawa Timur. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
C31200533_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (152kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
C31200533_BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
C31200533_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (89kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
C31200533_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy

Abstract

Peternak umumnya menjadikan hijauan sebagai pakan utama dalam pemenuhan kebutuhan ternak. Usaha peternakan ruminansia di Indonesia pada saat ini masih mengalami kendala dan hambatan terutama dalam hal penyediaan pakan hijauan. Mengingat semakin terbatasnya lahan pertanian untuk penanaman hijuan pakan ternak. Keterbatasan lahan tersebut mengakibatkan para peternak cenderung untuk memanfaatkan limbah dari sektor pertanian yang pada umumnya memiliki kualitas dan nilai gizi yang rendah. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak ditemukan dalam hijauan yaitu dengan pemberian suplement pelengkap pakan. SUPLEN (Suplemen Pelengkap Pakan) disebut sebagai permen ternak ruminansia yang tersusun dari molasses sebagai sumber energi bagi ternak karena molases mengandung glukosa dan asam organik, urea sebagai sumber nitrogen, mineral premix sebagai sumber mineral, bekatul dan polard sebagai sumber protein. Adapun tujuan umum pelaksanaan Magang ini adalah memperoleh keterampilan dalam mengatasi permasalahan dalam bidang peternakan dan memperoleh pengetahuan secara langsung dalam pemeliharaan ternak dan pengembangan usaha yang terdapat di tempat magang. Sementara itu, tujuan khusus Magang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan secara langsung dalam pemeliharaan ternak dan faktor yang menjadi pendorong pengembangan usaha. Magang dilakukan di UD. Handoyo pada tanggal 1 Agustus 2022 hingga 30 November 2022 yang berlokasi di Desa Nganglik, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang dilakukan selama Magang meliputi sanitasi kandang, manajemen pemberian pakan, pembelian bakalan, dan manajemen kesehatan. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa SUPLEN (Suplemen Pelengkap Pakan) menjadi produk yang efektif diberikan kepada ternak utamanya pada ternak ruminansia seperti sapi, kambing, dan domba dengan kandungan manfaat yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi pada ternak yang tidak dipenuhi dalam pakan hijauan sehingga ternak tidak mengalami mal nutrisi.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKustiawan, ErfanNIDN0009097601
Uncontrolled Keywords: Suplemen, UD. Handoyo, Sapi Potong
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 216 - Produksi Ternak
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D3 Produksi Ternak > PKL
Depositing User: Aprilia Nur Santi
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:22
Last Modified: 30 Dec 2022 03:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18386

Actions (login required)

View Item View Item