Suranto, Dwi Djoko and Anwar, Saiful and Nuruddin, Mochammad and Rofi'i, Ahmad and Zain, Alex Taufiqurrohman (2022) Pengujian Performa Kendaraan Listrik Dan Konsumsi Daya Baterai Litium-Ion Dengan Variasi Kemiringan Lintasan. [Experiment] (Submitted)
Text
2. Laporan Akhir Penelitian Penugasan-Kendaraan Listrik-Pak Dwi Djoko Suranto TTD.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kendaraan listrik memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Kendaraan listrik tipe Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dapat menjadi solusi terkait ketergantungan terhadap sumber energi fosil serta emisi gas buang. Khusus untuk tipe BEV, perkembangan di Indonesia sudah pesat. Hal ini dibuktikan dengan dukungan dari pemerintah terkait pengembangannya melalui Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017 – 2045; Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019; Serta pembangunan infrastruktur pendukungnya. Politeknik Negeri Jember juga telah memberikan panduan terkait penelitian dan pengembangan kendaraan listrik melalui Rencana Induk Riset Politeknik Negeri Jember Tahun 2021-2025. Penelitian kendaran listrik tipe BEV roda empat sudah diawali oleh Jurusan Teknik dengan menggandeng PT. Manufactur Dynamic Indonesia. Namun demikian inovasi serta terobosan IPTEK yang baru masih sangat diperlukan. Sehingga pengembangan yang mencakup desain dan tipe kendaraan, sistem kendali, serta assembly protoype kendaraan listrik roda dua direncanakan melalui beberapa penelitian terpadu dan berkelanjutan yang melibatkan Internal Kampus (Dosen dan Mahasiswa) serta mitra dari dunia usaha dan industri. Harapannya, kendaraan listrik yang dikembangkan tersebut menjadi produk unggulan Politeknik Negeri Jember dan siap untuk diproduksi massal. Tahapan metode penelitian ini, dimulai dengan menentukan mitra kerja sama dari dunia usaha dan industri. Berikutnya adalah merancang, dan memperhitungkan desain prototype kendaraan listrik roda dua. Desain protoype selanjutnya diwujudkan melalui pabrikasi komponen rangka dan body di PT. Manufactur Dynamic Indonesia sebagai mitra. Kendaraan listrik roda dua yang akan dikembangkan akan dilengkapi dengan sistem kendali motor listrik. Selain itu, perancangan baterai juga dilakukan pada penelitian ini. Komponen baterai tiap sel disusun secara seri dan paralel untuk mendapatkan tegangan dan arus yang sesuai dengan kendaraan listrik. Adapun perancnagan baterai dilakukan di Laboratorium Rekasaya Otomotif. Selanjutnya, pengujian pada kendaraan listrik dilakukan. Adapun pengujian yang dilakukan meliputi pengujian tingkat keakuratan alat ukur utama yang digunakan, yakni watt hour meter. Setelah didapatkan keakuratan yang baik, alat ukur dipasang dan digunakan oada sepeda motor listrik. Selanjutnya, pengujian dengan variasi kemiringan lintasan untuk mengetahui konsumsi daya listrik dari kendaraan dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui performa kendaraan listrik dan baterai yang digunakan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 430 - Ilmu Keteknikan Industri > 431 - Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) 410 - Rumpun Ilmu Teknik > 450 - Teknik Elektro dan Informatika > 454 - Teknik Elektronika |
Divisions: | Jurusan Teknik > Prodi D4 Mesin Otomotif > General |
Depositing User: | Alex Taufiqurrohman Zain |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:39 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:39 |
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18369 |
Actions (login required)
View Item |