Aplikasi Insektisida Berbahan Aktif Fipronil Untuk Pengendalian Hama Lalat Bibit Pada Benih Kedelai Di Pt. Basf Indonesia

Kuswanto, Ari Yudi (2021) Aplikasi Insektisida Berbahan Aktif Fipronil Untuk Pengendalian Hama Lalat Bibit Pada Benih Kedelai Di Pt. Basf Indonesia. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (120kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (23kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (201kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
A42171310_LAPORAN LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kedelai merupakan salah satu bahan pangan yang penting setelah beras disamping sebagai bahan pakan dan industri olahan. Karena hampir 90% digunakan sebagai bahan pangan maka ketersediaan kedelai menjadi faktor yang cukup penting. pemilihan bibit kedelai sangat penting dilakukan, Benih yang baik untuk anda budidayakan adalah benih dengan varietas yang sudah diketahui kualitasnya. Sebelum ditanam, sebaiknya benih bahan aktiv fipronil yang digunakan untuk pengendalian hama lalat bibit pada benih kedelai dengan konsentrasi pengaplikasian 4.17 ml – 8,3 ml/kg benih. Kegiatan Praktik Kerja Lapang ini bertujuan untuk menambah wawasan serta pengalaman kerja lapang dalam kegiatan pertanian yang akan memberi kemampuan dalam memecahkan masalah dalam sebuah kegiatan produksi khususnya pada tanaman pangan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 September 2020 sampai dengan 30 Desember 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di perusahaan bernama PT BASF (Badische Anilin-Un Soda Fabrik) dengan menggunakan metode praktik di lapangan, wawancara, demonstrasi dan studi pustaka. Hasil dari praktik kerja lapang di PT BASF adalah pengendalian hama lalat bibit pada benih kedelai (seed streatment) menggunakan bahan aktif fipronil yang diaplikasikan pada benih (kedelai) yang dapat meminimalisir persentase benih tidak tumbuh atau mati akibat lalat bibit tersebut. Pengaplikasian bahan aktif fipronil disesuaikan dengan prosedur yang tertera pada produk.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWinarno, WahyuNIDN0012125709
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 153 - Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Teknik Produksi Tanaman Pangan > PKL
Depositing User: Ari Yudi Kuswanto
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:59
Last Modified: 19 Dec 2022 07:01
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item View Item