ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BERKAS REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT LITERATUR REVIEW

Putri, Anggun Yulia (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGEMBALIAN BERKAS REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT LITERATUR REVIEW. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Abstract)
abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
full anggun yp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mutu rekam medis menggambarkan mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan. Pengembalian Rekam Medis dimulai dari berkas tersebut berada diruang rawat sampai berkas tersebut kembali ke unit rekam medis. Maka dari itu, pengembalian rekam medis sistem yang cukup penting di unit rekam medis. Penelitian ini merupakan literature review. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor penyebab keterlambatan pengembalian berkas rekam medis pasien rawat inap di rumah sakit. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menggunakan database Google Scholar, Crossref dan Portal Garuda yang ditemukan 17jurnal dari hasil seleksi. Hasil penelitian yang didapatkan pada keterlambatan pengembalian berkas rekam medis pasien rawat inap di rumah sakit disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor unsur manajemen 5M meliputi unsur Man yaitu disebabkan kurangnya pengetahuan, kedisiplinan, dan kurangnya SDM dimana diketahui presentase paling tinggi yaitu tingkat kedisiplinan dokter dengan nilai presentase 52,9%. . Unsur Machines disebabkan bidang keilmuwan tidak sesuai, kendala dalam pengisian, belum adanya monitoring. Unsur Method disebabkan tidak adanya SOP khusus terkait pengembalian berkas rekam medis, alur belum sesuai depkes. Unsur Material disebabkan yaitu jarak rawat inap ke ruang rekam medis terlalu jauh, kurangnya sosiaisasi SOP terkait pengembalian berkas rekam medis dan unsur Money disebabkan tidak adanya sanksi berupa denda ataupun sanksi lain berupa surat, tidak adanya dukungan dana pengembalian reward jika pengembalian sesuai waktu. Cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan berkas rekam medis adalah ditingkatkannya ketertiban mengisi berkas RM, mengadakan sosialisasi secara berkala, pelatihan petugas, memberikan reward sebagai bentuk motivasi atas kinerja petugas, dan mengatur jarak antara ruang RM dengan rawat inap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuflihatin, Indah MuflihatinNIDN0728038301
Uncontrolled Keywords: Medical Record Documents, Late Returns, Literature Review, Hospitalization
Subjects: 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > Sistem Informasi Kesehatan
Divisions: Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir
Depositing User: Anggun Yulia Putri
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:05
Last Modified: 16 Jan 2023 01:06
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18176

Actions (login required)

View Item View Item