PENGARUH KADAR AIR DAN DENSITY GREEN BEAN FULL WASH DENGAN ROASTING MEDIUM TERHADAP CITA RASA KOPI ARABIKA KESUKAAN KONSUMEN

Musyarrofah, Musyarrofah (2022) PENGARUH KADAR AIR DAN DENSITY GREEN BEAN FULL WASH DENGAN ROASTING MEDIUM TERHADAP CITA RASA KOPI ARABIKA KESUKAAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.

[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (224kB)
[img] Text (Full Text)
LAPORAN LENGKAP.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Abstract)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (147kB)

Abstract

Kopi salah satu komoditas perkebunan yang sudah lama dibudidayakan. Jenis kopi arabika memiliki cita rasa tinggi dan kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis kopi robusta. Cita Rasa merupakan bentuk kerjasama dari kelima indera manusia, yaitu perasa, penciuman, perabaan, penglihatan, dan pendengaran. Roasting (penyangraian) adalah proses pembentukan aroma dan cita rasa pada green bean yang dilakukan dengan menggunakan suhu yang tinggi dan tepat. Standar internasional kadar air pada green bean 10 – 12,5% siap roasting. Setelah proses roasting, kadar air roast bean menjadi 6 – 6,5%. Ketinggian tempat mempengaruhi density green bean. Density dalam proses roasting sangat berpengaruh, karena menentukan besarnya suhu awal dan juga suhu akhirnya. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan kadar air dan perbedaan density terhadap Cita Rasa kopi, serta interaksi antara kadar air dan density terhadap Cita Rasa kopi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2022, di Rustic Home Coffee Roaster dan Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember. Data kualitatif yang diperoleh dikuantitatifkan dan dianalisis dengan Analysis of Varians (ANOVA). Jika ada perbedaan (significant) dilanjutkan dengan uji BNJ (Tukey α 1%). Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan nyata pada kadar air dan density green bean terhadap cita rasa kopi arabika kesukaan konsumen. Interaksi antara kadar air dan density green bean berpengaruh nyata terhadap komponen cita rasa warna bubuk, warna seduhan, dan rasa seduhan, berbeda tidak nyata terhadap komponen cita rasa aroma bubuk dan aroma seduhan. Density green bean berpengaruh nyata terhadap komponen cita rasa aroma bubuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMadjid, AbdulNIDN0012065903
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > Tugas Akhir
Depositing User: Musyarrofah Musyarrofah
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:21
Last Modified: 13 Dec 2022 01:23
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item View Item