Azizah, Nur (2022) Analisis Hubungan Antara Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Politeknik Negeri Jember.
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (235kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (313kB) |
|
Text (Abstract)
Abstrak.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (88kB) |
|
Text (Laporan Lengkap)
Laporan lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan yang bermutu wajib diterapkan oleh semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas. Penurunan kunjungan pasien rawat jalan terjadi di Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar, hal ini diikuti dengan adanya keluhan pasien terhadap pelayanan seperti petugas tidak ramah, dan pelayanan yang lama. Penurunan tersebut berdampak pada turunnya pemasukan PAD (Pendapatan Asli Daerah) serta program kerja yang tidak mencapai target. Selain itu, diketahui kepuasan pasien mengenai mutu pelayanan di Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar tahun 2019-2020 masih dalam kategori kurang baik. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar. Metode penelitian ini analitik kuantitatif dengan desain cross sectional. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi Spearman Rank. Sampel penelitian ini pasien rawat jalan Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar sebanyak 95 responden menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan uji korelasi diperoleh nilai signifikansi (p-value) 0,000 dimana < 0,05 dengan arah hubungan positif. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wlingi Kabupaten Blitar. Saran dari peneliti perlu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan khususnya mutu interaksi dengan menerapkan 3S (senyum,salam,sapa) serta petugas lebih bersikap sopan dan ramah, mutu lingkungan fisik dengan menempatkan stok obat dan alat kesehatan di gudang penyimpanan dan memperbaiki mesin antrian, mutu hasil dengan meningkatkan kecepatan proses pendaftaran, petugas lebih teliti saat mendistribusikan rekam medis pasien ke poli tujuan dan menata ulang lahan parkir sehingga menjadi lebih luas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien Rawat Jalan | ||||||
Subjects: | 340 - Rumpun Ilmu Kesehatan > 350 - Ilmu Kesehatan Umum > 353 - Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) | ||||||
Divisions: | Jurusan Kesehatan > Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan > Tugas Akhir | ||||||
Depositing User: | NUR AZIZAH | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:54 | ||||||
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:49 | ||||||
URI: | https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18054 |
Actions (login required)
View Item |