“Manajemen Biosecurity Pemeliharaan Ayam Parent Stock Broiler di PT. Cipta Terang Unggul Unit 3 Kabupaten Kediri dan Manajemen Pakan Ayam Petelur di PT. Komotech Bioganik Egg Farm Sukowono Kabupaten Jember

Ubaidillah, Syauqi (2022) “Manajemen Biosecurity Pemeliharaan Ayam Parent Stock Broiler di PT. Cipta Terang Unggul Unit 3 Kabupaten Kediri dan Manajemen Pakan Ayam Petelur di PT. Komotech Bioganik Egg Farm Sukowono Kabupaten Jember. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan)
1. C41181880 Syauqi Ubaidillah, - Ringkasan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
2. C41181880 Syauqi Ubaidillah, - Pendahuluan.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (292kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
3. C41181880 Syauqi Ubaidillah, - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. C41181880 Syauqi Ubaidillah, - Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (290kB)

Abstract

Pemeliharaan dalam peternakan khususnya produksi ayam parent stock broiler menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan dengan manajemen yang benar dari fase starter, grower, hingga fase laying. Hasil dari pemeliharaan ayam parent stock broiler tersebut nantinya akan ditetaskan dan dipelihara oleh para peternak secara komersial. Praktik Kerja Lapang (PKL) ini adalah melatih mahasiswa untuk mengerjakan pekerjaan lapangan dan melakukan serangkaian keterampilan di bidang breeding dan pemeliharaan ayam petelur fase layer, dan melatih mahasiswa untuk berfikir kritis dan menggunakan daya nalarnya dengan memberi komentar logis terhadap kegiatan di breeding farm dan pemeliharaan ayam petelur fase layer dalam bentuk laporan kegiatan. Praktik Kerja Lapang dilakukan selama 2 bulan, di PT. Cipta Terang Unggul Unit 3 Kabupaten Kediri. Hasil Praktik Kerja Lapang dilaksanakan di PT. Cipta Terang Unggul Kabupaten Kediri. Dimulai pada tanggal 11 Agustus 2021 sampai dengan 11 Oktober 2021. Kandang dengan sistem closed house merupakan metode pemeliharaan yang diterapkan dengan jumlah seluruh kandang sebanyak 10 unit. Kegiatan pemeliharaan ayam parent stock broiler meliputi biosecurity (sanitasi pegawai, sanitasi telur, sanitasi barang, sanitasi kendaraan, sanitasi area perkandangan), penanganan kesehatan (pemberian vaksin, antibiotik dan vitamin), pemberian pakan dan minum serta penanganan produksi telur. Industri peternakan khususnya pemeliharaan ayam petelur menjadi salah satu hal yang penting untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Pemeliharaan secara intensif menjadi pendukung keberhasilan produksi. Peternakan yang menjadi faktor penting dalam pemeliharaan adalah bibit, pakan, dan manajemen. Manajemen yang diterapkan berupa manajemen pakan, manajemen pemasaran, manajemen biosecurity, manajemen limbah, manajemen perkandangan dan lighting. Manajemen pakan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan suatu pemeliharaan. Pakan memegang peranan penting dalam usaha atau produksi peternakan yaitu meliputi 60 – 70% dari biaya produksi. Praktek kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di PT. Komotech Bioganik Egg Farm Sukowono Kabupaten Jember dimulai pada tanggal 25 Oktober 2021 sampai dengan 25 Desember 2021. Perusahaan tersebut memiliki 6 kandang dengan sistem open house. Kegiatan pemeliharaan ayam petelur meliputi sanitasi biosecurity, pemberian pakan dan minum, program kesehatan, pemanenan telur, pemasaran dan manajemen limbah.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSiswantoro, DharwinNIDN0005047302
Subjects: 200 - Rumpun Ilmu Hewani > 210 - Ilmu Peternakan > 211 - Ilmu Peternakan
Divisions: Jurusan Peternakan > Prodi D4 Manajemen Bisnis Unggas > PKL
Depositing User: Syauqi Ubaidillah
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:37
Last Modified: 14 Dec 2022 01:41
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item