Strategi Pengembangan Pemasaran Buah Mangga Arumanis 143 PT. Trigatra Rajasa Situbondo Jawa Timur

Fitranto, Rachmat and Wahyono, Nanang Dwi and Wibisono, Yossi (2020) Strategi Pengembangan Pemasaran Buah Mangga Arumanis 143 PT. Trigatra Rajasa Situbondo Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 8 (1). pp. 58-68. ISSN 2354-5690

[img] Text (Hasil Similiarity)
STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN BUAH MANGGA ARUMANIS 143 PT. TRIGATRA RAJASA SITUBONDO JAWA TIMUR.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (Hasl Peer Review_Nanang)
15. Strategi Pengembangan Pemasaran Buah Mangga...pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
Official URL: https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jagbi/article/v...

Abstract

Indonesia berada di posisi ke-5 negara penghasil mangga dunia dengan total produksi 2,18 juta ton. Namun Indonesia tidak termasuk sepuluh besar negara pengekspor mangga dunia. Total nilai ekspor Indonesia 1,240 tons dan hanya 0,6% dari nilai ekspor dunia. Salah satu produsen mangga Arumanis 143 Indonesia adalah PT. Trigatra Rajasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang memengaruhi pemasaran mangga PT. Trigatra Rajasa dan menyusun strategi rekomendasi bagi peningkatan pemasaran mangga PT. Trigatra Rajasa. Pengumpulan data dilakukan pada Bulan Januari sampai Mei 2019 melalui observasi dan wawancara menggunakan kuesioner dengan pendekatan SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) kepada responden. Alat analisis yang digunakan ialah analisis IE, SWOT dan QSPM. Hasil perhitungan matriks IFE (internal factor evaluation matrix) diperoleh total skor internal sebesar 2,85 dan matriks EFE (external factor evaluation matrix) dengan total skor sebesar 2,81. Penggabungan hasil dari kedua matriks menempatkan posisi persaingan pemasaran mangga PT. Trigatra Rajasa di sel V, yaitu Hold and Maintain (Pertahankan dan Pelihara). Strategi yang digunakan adalah penetrasi pasar, dan pengembangan produk. Rekomendasi strategi untuk peningkatan pemasaran mangga PT. Trigatra Rajasa berdasarkan hasil QSPM adalah penetrasi pasar (4,03) dan efisiensi biaya produksi dengan peralatan mekanis (3,00)

Item Type: Article
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 180 - Ilmu Sosiologi Pertanian > 185 - Agribisnis
Divisions: Jurusan Manajemen Agribisnis > Prodi D4 Manajemen Agroindustri > General
Depositing User: Nanang Dwi Wahyono
Date Deposited: 26 Apr 2023 10:10
Last Modified: 26 Apr 2023 10:11
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item