Hasil dan Kandungan Gula Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas Bululawang dengan Pemberian Pupuk Hayati Bioneensis di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI)

Maulana, Dimas Yusuf (2022) Hasil dan Kandungan Gula Tebu (Saccharum officinarum L.) Varietas Bululawang dengan Pemberian Pupuk Hayati Bioneensis di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). [Experiment]

[img] Text (Ringkasan)
RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (42kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (84kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (63kB)
[img] Text (Laporan Lengkap)
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilaksanakan di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia yang merupakan satu satunya pusat penelitian tanaman tebu di Indonesia. PKL dilaksanakan mulai tanggal 1 September sampai dengan 31 Desember 2021. Tujuan dilaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan teknis budidaya tanaman tebu dari hulu hingga hilir, dapat mengetahui dan memahami teknik manajamen lapang di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Kegiatan budidaya tan aman tebu erat kaitannya dengan pemeliharaan tanaman untuk menghasilkan hasil yang optimal. Kegiatan tersebut meliputi, pembibitan, pemeliharaan dan pemanenan tanaman tebu itu sendiri. Praktik Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), Kota Pasuruan, Jawa Timur. Kegiatan yang dilakukan meliputi semua kegiatan tentang budidaya tanaman tebu. Kegiatan budidaya tanaman tebu erat kaitannya dengan pemeliharaan tanaman untuk menghasilkan hasil yang optimal. Kegiatan tersebut meliputi,pembibitan, pemeliharaan dan pemanenan tanaman tebu itu sendiri. Sehingga mahasiswa dapat memahami proses pemeliharaan yang dilaksanakan pada tempat PKL tersebut guna menambah wawasan dalam proses budidaya tanaman tebu. Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) ini pada tanggal 20 November 2009 P3GI tersebut dibawah naungan PT Riset Perkebunan Nusantara (PT RPN) yang merupakan tranformasi dari LPRI. Lembaga penelitian yang berpusat di Pasuruan, Jawa Timur, ini bertugas melaksanakan penelitian, menghasilkan mengkaji teknologi dan produk pergulaan dan pemanis bagi kemajuan masyarakat gula, khususnya petani tebu dan pabrik gula, dan memberikan bantuan teknis kepada klien. Hasil praktik kerja lapang (PKL) membantu mahasiswa dalam pengembangan wawasan dan ketrampilan dalam pelaksanaan budidaya tanaman tebu di Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Mahasiswa diharapkan mampu mengetahui proses kegiatan yang ada pada perusahaan, mampu meningkatkan kemampuan interpersonal terhadap lingkungan kerja. Mahasiswa juga perlu mengetahui dan memahami proses aplikasi pemberian pupuk hayati Bioneensis terhadap hasil dan kandungan gula tebu.

Item Type: Experiment
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWardati, IrmaNIDN0019126905
Subjects: 140 - Rumpun Ilmu Tanaman > 150 - Ilmu Pertanian dan Perkebunan > 154 - Budidaya Pertanian dan Perkebunan
Divisions: Jurusan Produksi Pertanian > Prodi D4 Budidaya Tanaman Perkebunan > PKL
Depositing User: Dimas Yusuf Maulana
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:12
Last Modified: 16 Nov 2022 01:15
URI: https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/17713

Actions (login required)

View Item View Item